Single Focus

Yuk Mengintip Asrama Mahasiswa di Kampus Unair

Unair menyediakan berbagai fasilitas bagi para mahasiswa dan mahasiswinya. Satu di antaranya adalah fasilitas asrama. Seperti apa isinya?

Yuk Mengintip Asrama Mahasiswa di Kampus Unair
surabaya.tribunnews.com/christine ayu nurchayanti
Salah satu penghuni asrama mahasiswa Unair 

SURYA.co.id | SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) menyediakan berbagai fasilitas bagi para mahasiswa dan mahasiswinya. Satu di antaranya adalah fasilitas asrama.

Asrama yang berada di area kampus C Unair ini dapat menampung ratusan mahasiswa dan mahasiswi yang ingin tinggal di tempat yang aman dan dekat dari tempat perkuliahan.

Terdapat dua gedung yang disediakan yang masing-masing untuk perempuan dan laki-laki.

"Untuk gedung asrama bagi perempuan, ada 3 lantai dengan total kamar berjumlah 120 unit. Masing-masing kamar dihuni 2 mahasiswi," tutur Drs R Arif Wibowo Msi, kepala asrama.

Sementara untuk laki-laki, lanjunya, total terdapat 96 unit kamar yang masing-masingnya diisi 4 mahasiswa.

Berbagai fasilitas dapat dinikmati dan digunakan oleh para penghuni asrama di antaranya adalah perabotan kamar mulai dari kasur hingga meja belajar, free WiFi, kantin, kamar mandi luar, area parkir motor, aula bersama, dan lain sebagainya.

Tarif sewa per orang pun terbilang cukup murah yaitu Rp 180 ribu dan dibayar diakumulasi selama satu tahun yang ditransfer ke rekening rektorat.

Selain fasilitas tersebut, Arif memaparkan, para mahasiswa dan mahasiswi yang tinggal di asrama ini secara rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari diskusi, talkshow, dan sharing mengenai topik-topik yang mereka inginkan.

Para penghuni juga diajarkan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan di antaranya adalah dengan memilih koordinator dari masing-masing gedung, 6 putri dan 8 putra.

"Agenda terakhir, kemarin di sini menggelar dialog makanan sehat. Bahkan kami juga memberikan dana bagi para penghuni yang belajar kelompok dengan mengundang tutor ahli dengan catatan menyerahkan resume belajarnya," jelas Arif.

Para penghuni, ungkapnya, maksimal dapat tinggal di asrama selama satu tahun. Tapi masih diperkenankan untuk tetap tinggal dengan catatan antara lain pertama, sangat membutuhkan; kedua memiliki masalah kesehatan tertentu; dan yang ketiga, tidak pernah melalukan pelanggaran.

Maulida Agustina, koordinator asrama putri menuturkan bahwa ia memilih untuk tinggal di asrama karena beberapa alasan.

"Karena lokasinya strategis, berada di kampus. Selain itu saya ingin berkontribusi lagi untuk asrama. Alhamdilillah tahun kemarin saya menjadi PIC di beberap agenda dan sekarang saya dipercaya sebagai koordinator. Dengan begitu, saya bisa lebih mengasah soft skill," tutur mahasiswi semester 4 Fakultas Perikanan dan Kelautan ini.

Bagi yang ingin menghuni asrama ini, untuk informasi lebih lanjut dapat langsung ke kantor asrama yang berada di kampus C Unair. 

Mengintip Fasilitas Asrama Mahasiswa di ITS

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved