Berita Jember

Sebanyak 840 Orang Bakal Pantau Pelaksanaan Pemilu 2019 di Jember

Sebanyak 840 orang bakal memantau perkembangan politik terkait pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Jember

Surabaya.Tribunnews.com/Sri Wahyunik
Pembekalan tim pemantau Pemilu 2019 di Jember yang digelar Pemkab Jember 

SURYA.co.id |JEMBER - Sebanyak 840 orang bakal memantau perkembangan politik terkait pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Jember. Ratusan orang itu tergabung dalam Tim Pemantauan Politik pada pelaksaan Pemilu 2019.

Ratusan orang tersebut mengikuti pembekalan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemkab Jember, Jumat (29/3/2019).

Sebanyak 840 orang itu terdiri atas 778 tim pemantau yang bertugas di desa dan kelurahan, dan 62 orang yang bertugas di tingkat kecamatan. Bupati Jember Faida membuka pembekalan untuk tim pemantau perkembangan politik yang digelar di Aula PB Soedirman Pemkab Jember itu.

"Ini sebagai salah satu ikhtiar agar demokrasi berjalan dengan baik, pemilih berdaulat untuk negara yang kuat," kata Bupati Faida dalam pidatonya.

Para pemantau perkembangan politik itu nantinya memantau situasi di masing-masing desa, kelurahan, dan kecamatan di wilayah kerja masing-masing. Mereka mengantongi surat keputusan yang diteken oleh Bupati Jember selama mereka bertugas sampai pelaksanaan Pemilu selesai.

Faida menegaskan tugas penting para pemantau perkembangan politik tersebut.

"Tugas tim pemantauan antara lain bagaimana meyakinkan pemilih untuk menjadi pemilih yang berdaulat untuk menyalurkan hak pilihnya, tidak golput. Apalagi sekarang jumlah TPS (tempat pemungutan suara) dua kali lipat dibandingkan Pemilu sebelumnya. Jadi tidak ada alasan tidak nyoblos karena akses ke TPS jauh. Jangan Golput, pantau Pemilu dan sukseskan Pemilu," tegas Faida.

Tim Pemantauan Perkembangan Politik itu, lanjut Faida, juga berdasarkan petunjuk dari Menteri Dalam Negeri sesuai dengan amanat UU Pemilu.

Menurutnya, tugas tim pemantauan itu berbeda dengan tugas dari pengawas di lembaga Bawaslu, ataupun saksi milik Parpol, juga relawan demokrasi milik KPU, dan akan saling melengkapi.

Kepala Bakesbangpol Bambang Hariono menambahkan, tim pemantauan nanti antara lain bertugas melaporkan situasi di wilayah kerja mereka. Mereka juga melaporkan hasil pelaksanaan Pemilu 2019 dari tingkat desa, ke kecamatan, dan berlanjut ke tingkat kabupaten.

Pemilu 2019 di Kabupaten Jember bakal diikuti oleh 1,8 orang pemilih. Jumlah ini berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang disahkan oleh KPU Jember. Jutaan pemilih itu nantinya akan menyalurkan hak pilihnya di 7.670 TPS yang tersebar di 31 kecamatan se-Kabupaten Jemb

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved