Rumah Politik Jatim

KPU Jombang akan Libatkan Polisi untuk Distribusi Logistik Pemilu ke Desa Terpencil, Ini Tujuannya

KPU Jombang akan melibatkan personel kepolisian untuk distribusi logistim pemilu di desa terpencil

KPU Jombang akan Libatkan Polisi untuk Distribusi Logistik Pemilu ke Desa Terpencil, Ini Tujuannya
surya/sutono
Suasana pengerjaan sortir dan pelipatan suara suara di gedung tenis indoor yang untuk sementara dijadikan gudang KPU Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - KPU Jombang menjamin distribusi logistik pemilu untuk wilayah terpencil di tiga Kecamatan di Jombang bakal mendapat perlakukan khusus. KPU akan melibatkan personel kepolisian maupun petugas Orari.

Kecamatan di Jombang yang punya terpencil tersebut adalah Kecamatan Plandaan, Ngusikan dan Kecamatan Wonosalam. Ketua KPU Muhaimin Shofi, mengatakan, kategori terpencil tersebut diantaranya selain jarak jauh dari kota, juga jalur transportasi mencapai wilayah tersebut cukup sulit dan rawan gangguan cuaca buruk maupun serta hal negatif lainya.

"Di Kecamatan Plandaan, titik terpencil itu ada di Desa Nampu, PojokKlitih dan Rapahombo. Kemudian Kecamatan Ngusikan dan Wonosalam ada beberapa titik. Kami akan kerjasama dengan polisi dan petugas Orari", kata Muhaimin, Juman (29/3/2019).

Dijelaskannya, pada ketiga Kecamatan ini, merupakan wilayah pinggirian yang secara geografis berada di wilayah pegunungan dan hutan.

Upaya khusus ini, sambung Muhaimin, diharapkan mampu mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

"Ini semua untuk mengantisipasi hal negatif. Termasuk cuaca musim hujan, dimana jalanan selain terjal dan jauh, juga licin. Kami harapkan logistik aman dari guyuran hujan," terang Muhaimin.

Menurut Muhaimin tahapan distribusi logistik pemilu, baik Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif dari KPU Jombang ke masing-masing Kecamatan akan dilakukan pada H-6 mendatang.

"Sedangkan dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) ditargetkan kelar pada H minus satu atau tepat 16 April 2019," terang Muhaimin.

Ditambahkan, pengawalan petugas polisi dan Orari ini juga akan dilakukan pada saat pengiriman kembali logistik pemilu ke KPU Jombang.

"Kalau soal teknis dari kecamatan ke desa yang terpencil, nanti akan ada komunikasi lagi," beber Muhaimin yang sudah dua periode menjadi komisioner KPU Jombang ini.

Pemilu 2019 sendiri akan dilaksanakan kurang dari satu bulan, tepatnya pada 17 April mendatang.

Pesta demokrasi lima tahunan ini akan menentukan siapa presiden baru untuk periode 2019-2024 serta anggota legislatif 2019-2024, serta anggota DPD.

Penulis: Sutono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved