Berita Magetan

Khofifah Akan Pindahkan Lingkungan Industri Kulit Milik Pemprov di Luar Kecamatan Magetan

IPAL yang baru dibuat agar bisa memenuhi kecukupan kebutuhan pengolahan limbah kulit yang dikirim pelaku industri kulit yang ada di Magetan.

Khofifah Akan Pindahkan Lingkungan Industri Kulit Milik Pemprov di Luar Kecamatan Magetan
surya.co.id/doni prasetyo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Lingkungan Industri Kecil (LIK) di Jalan Karya Dharma, Kecamatan/Kabupaten Magetan. 

SURYA.co.id | MAGETAN - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, akan segera memindahkan Lingkungan Industri Kulit (LIK) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang puluhan tahun meresahkan warga Magetan akibat polusi yang ditimbulkan.

"Bupati mencarikan lahan baru untuk melakukan relokasi. Setelah bupati siapkan lahan, Pemprov menyiapkan LIK dan Instalasi Pembuangan Limbah (IPAL)-nya, yang mencukupi kebutuhan pengolahan limbah," kata Gubernur Khofifah, Kamis (28/3/2019) malam.

Dikatakan Khofifah, IPAL yang baru dibuat agar bisa memenuhi kecukupan kebutuhan pengolahan limbah kulit yang dikirim pelaku industri kulit yang ada di Magetan.

"IPAL yang baru diharapkan bisa memenuhi kecukupan kebutuhan pengolahan limbah kulit yang dikirimkan para pelaku industri kulit di Kabupaten Magetan,"jelas Gubernur Khofifah.

Menurut Khohifah, industri kulit merupakan komoditas ekpor terbesar kelima Jawa Timur.

Lantaran itu, pengolahan limbah harus lebih bisa memenuhi kapasitas limbah yang dibuang LIK yang ada di kawasan industri kulit di Magetan.

"Kita ingin proses pertumbuhan ekonomi, ekpor kita berseiring dengan keramahan lingkungan dan pengolahan limbah yang lebih secure (aman),"kata Gubernur Khofifah.

Bupati Magetan Suprawoto yang mendampingi Gubernur Khofifah mengunjungi UPT Industri Kulit dan Produk Kulit milik Pemprov Jatim di Magetan, menyebut untuk lahan relokasi LIK, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan segera mencarikan yang lahan baru, sebisanya lahan itu jauh dari pemukiman warga.

"Kita segera carikan, walaupun gambaran lahan baru untuk relokasi LIK sudah ada. Namun perlu dilakukan peninjauan kembali. Idealnya lahan LIK yang baru itu sebisanya jauh dari pemukiman warga,"kata Bupati Magetan.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved