Berita Kediri

Penjelasan Pimpinan Pusat GP Ansor terkait Gerakan Rabu Putih

Wakil Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor Khoirul Anwar menjelaskan Gerakan Rabu Putih merupakan gerakan untuk mengamankan jalannya pemilu.

Penjelasan Pimpinan Pusat GP Ansor terkait Gerakan Rabu Putih
SURYAOnline/Didik Mashudi
Wakil Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor Khoirul Anwar. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Wakil Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor Khoirul Anwar menjelaskan Gerakan Rabu Putih merupakan gerakan untuk mengamankan jalannya pemilu dan pesta demokrasi 5 tahunan.

"Ansor dan Banser membantu keamanan untuk menciptakan rasa aman terhadap proses pemilihan pada hari H pemilu. Gerakan ini kita namakan Rabu Putih," ungkap Khoirul Anwar yang ditugaskan melakukan supervisi Rakorwil khusus GP Ansor Jatim di Ponpes Al Falah, Ploso, Kabupaten Kediri, Jumat (28/3/2019).

Dijelaskan, pada Gerakan Rabu Putih tidak ada intimidasi dan pemaksaan. "Pokoknya kita ingin senang-senang bahwa pemilu pesta kita bersama. Ansor dan Banser melakukan Gerakan Rabu Putih untuk menciptakan rasa aman," jelasnya.

Ditambahkan, Gerakan Rabu Putih dimulai sejak pagi dengan kegiatan salat Subuh bersama dan istighotsah bersama. Kemudian menciptakan rasa aman di tempat pemungutan suara (TPS).

Termasuk kalau ada pemilih yang kurang berminat menggunakan hak pilihnya atau kesulitan datang ke TPS bakal dibantu anggota Ansor dan Banser.

"Silakan Ibu-ibu dan Bapak-bapak datang ke TPS," jelasnya.

Diungkapkan, anggota Banser dan Ansor yang tersebar di desa-desa telah mendeteksi adanya potensi kerawanan dan intimidasi.

"Kami tidak boleh larut dengan intimidasi dan kegelisahan itu, makanya Ansor dan Banser hadir menciptakan rasa aman," tandasnya.

Sehingga kegiatan pemilu berlangsung aman, tenteram dan meningkatkan jumlah pemilih yang datang ke TPS.

"Kami berusaha mengantarkan masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan rasa aman dan tenang," ungkapnya.

Di Jatim anggota Ansor dan Banser tersebar di hampir semua desa. Sehingga nanti di setiap TPS paling tidak ada dua anggota Ansor dan Banser.

"Kita amankan TPS sehingga masyarakat tenang menggunakan hak pilihnya," tambahnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved