Berita Sidoarjo

Begini Cara Polisi Sidoarjo Menjaga Keamanan Jelang Pelaksanaan Pemilu 2019

Cara lain yang dilakukan Polresta Sidoarjo untuk terus menjaga situasi Kamtibmas jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

surya.co.id/m taufik
Kapolresta Sidoarjo bersama para pejabat utama, para Kapolsek, dan anggota saat berjamaah bersama warga di Masjid Nurul Huda, Luwung, Sarirogo, Sidoarjo, Kamis (28/3/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Selain giat melakukan patroli, melakukan pemetaan keamanan, dan mengawal setiap tahapan, ada beberapa cara lain yang dilakukan Polresta Sidoarjo untuk terus menjaga situasi Kamtibmas jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Salah satu cara unik yang sedang digeber adalah Safari Subuh.

Yakni acara jemaah subuh para perwira polisi, anggota polisi, bersama masyarakat di masjid-masjid kampung di Sidoarjo.

Seperti yang digelar, Kamis (28/3/2019) pagi, Kapolresta Sidoarjo, Wakapolresta, sejumlah Kapolsek dan anggota Polresta Sidoarjo ikut berjamaah Subuh bersama di Masjid Nurul Huda, Luwung, Sarirogo, Sidoarjo.

Selain salat berjamaah bersama warga, para pejabat utama Polresta Sidoarjo bersama takmir dan warga juga sempat berdialog di masjid tersebut.

Utamanya membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kondusifitas keamanan jelang pemilu.

"Situasi kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Sidoarjo sampai sekarang masih aman dan kondusif. Karena itu harus terus dijaga bersama-sama, termasuk dengan bersilaturahmi bersama warga," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Safari Subuh, disebutnya sebagai upaya Polri bersama masyarakat untuk mencegah masuknya ajaran radikalisme di tengah masyarakat.

"Selain menyampaikan himbauan kepada takmir masjid akan bahaya politisasi masjid, kami juga mengajak masyarakat untuk tidak mudah percaya berita hoaks, isu SARA, fitnah dan ujaran kebencian, supaya persatuan dan kesatuan kita tetap terjaga," lanjutnya.

Melalui Safari Subuh, polisi sengaja hadir di tengah masyarakat agar lebih dekat dengan masyarakat.
Bisa bersilaturahmi dan berkomunikasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait kegiatan ini, takmir Masjid Nurul Huda pun menyambut positif.

"Tentu kami merasa senang, Polri hadir di sini, berjamaah bersama masyarakat dan berdialog dengan kami, semoga rutinitas ini dapat terus istiqomah dilakukan Polresta Sidoarjo," ujarnya.

Disebut dia, hadirnya polisi dalam memakmurkan masjid, sangat berperan penting untuk bersama takmir masjid dalam rangka membentengi masjid dari berbagai paham radikalisme, yang ajarannya dapat mengganggu kententraman dan keamanan masyarakat.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved