Breaking News:

Berita Surabaya

YDSF Gelar Workshop Humas di Harian Surya untuk Menghadapi Era Milenial

Selain diberikan pemaparan terkait itu, peserta diajak berkeliling ke percetakan PT Antar Surya Jaya yang merupakan tempat percetakan Harian Surya

SURYAOnline/adrianus adhi
Direktur Harian Surya Taufik Zuhdi (paling kiri) foto bersama perserta workshop Kehumasan YDSF di Kantor Harian Surya, Rabu (27/3/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bekerja sama dengan Harian Surya menggelar workshop Kehumasan bertajuk: 'Tantangan Humas di Era Milenial', Rabu (27/3/2019).

Workshop yang berlangsung di Kantor Harian Surya, Jalan Rungkut Industri 3, Surabaya ini diikuti belasan peserta karyawan YDSF dari berbagai daerah di Jawa Timur, mulai Surabaya, Malang hingga Banyuwangi.

Direktur Harian Surya Taufik Zuhdi dan Manager Digital Harian Surya, Adrianus Adhi menjadi pembicara dalam workshop yang berlangsung selama sehari penuh itu.

Dalam kesempatan tersebut Taufik Zuhdi menjelaskan bagian Humas memiliki peranan penting dalam agenda kegiatan sebuah institusi.

"Selain menginformasikan kegiatan, Humas harus mampu memberikan ide kepada wartawan untuk materi untuk diolah menjadi berita," kata Taufik Zudhi dalam workshop tersebut.

Ia menekankan agar humas bisa mengenali karakter tiap media juga kebutuhan informasi sekitar. Selain itu, penting bagi humas untuk menjalin relasi dengan wartawan.

Dengan menjalin relasi dengan wartawan, lanjut Taufik, humas bisa dengan mudah menyampaikan informasi yang akan dipublish. "Tidak sekadar mengirim release, tapi juga mengawal informasi itu agar disalurkan dengan tepat," tambahnya.

Adrianus Adhi menambahkan agar Humas juga membekali diri dengan keterampilan tulis menulis serta pengetahuan digital, terutama di era milenial.

"Menulis dan memotret saja sekarang tidak cukup, tetapi juga perlu mengembangkan diri dengan videografi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Adrianus Adhi juga memberikan gambaran peta internet Indonesia, di mana YouTube menjadi salah satu sosial media paling populer Indonesia.

Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan tools google analytic untuk memantau berita populer di sebuah situs, serta memantau trending pencarian google secara real time.

Selain diberikan pemaparan terkait itu, peserta juga diajak berkeliling ke percetakan PT Antar Surya Jaya yang merupakan tempat percetakan Harian Surya.

"Kegiatan ini akan menambah pengetahuan dan ilmu bagi kami di YDSF sehingga ke depan akan lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan digital," kata Humas YDSF Surabaya, Khoirul Anam.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved