Berita Kediri

Renovasi Jembatan Lama Kota Kediri Harus Didampingi Tim Ahli

Jembatan Lama Kota Kediri tetap mendapatkan alokasi anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan jembatan dari Pemerintah Kota Kediri.

Renovasi Jembatan Lama Kota Kediri Harus Didampingi Tim Ahli
surya/didik mashudi
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menyaksikan pameran foto sejarah pembangunan Jembatan Lama Kota Kediri di Kediri Town Square. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Setelah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, Jembatan Lama Kota Kediri tetap mendapatkan alokasi anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan jembatan dari Pemerintah Kota Kediri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri, Nur Muhyar, mengatakan karena Jembatan Lama Kota Kediri merupakan bangunan milik pemerintah, sehingga pemerintah yang melakukan perawatan dan pemeliharaannya.

"Kalau merenovasi Jembatan Lama Kota Kediri harus menggunakan batasan dan harus didampingi oleh tim ahli, mana yang boleh dan tidak boleh dirombak," kata Muhyar, Rabu (27/3/2019).

Sebagai bangunan cagar budaya juga dapat diambil manfaatnya. Di antaranya, untuk kegiatan yang bersifat kebudayaan.

Dengan catatan, sepanjang tidak sampai merusak dan mengganggu struktur bangunan jembatan.

Selain biaya perawatan dari APBD Pemkot Kediri, sebagai bangunan cagar budaya untuk biaya perawatan juga bisa dimintakan anggaran kepada pemerintah pusat.

Ditegaskan Nur Muhyar, penetapan bangunan cagar budaya ini hanya untuk Jembatan Lama Kota Kediri, tidak termasuk dengan kawasan di sekitarnya.

Di sekitar Jembatan Lama Kota Kediri terdapat sejumlah bangunan kuno peninggalan kolonial.

Di antaranya Benteng Blokhuis yang dibangun 1835 yang saat ini menjadi Mapolresta Kediri, bangunan Gereja Merah dan bangunan sejumlah rumah kuno.

Jembatan Lama Kota Kediri diresmikan pemerintah Belanda pada 18 Maret 1869 merupakan jembatan konstruksi besi tertua di dunia.

Malahan, Jembatan Lama lebih tua dibanding dengan Brooklyn Bridge yang menghubungkan Borough Manhattan dan Brooklyn di New York Amerika.

Jembatan Lama Kota Kediri di masanya populer disebut Brug Over den Brantas te Kediri dirancang oleh Sytze Westerbaan Muurling.

Jembatan Lama Kota Kediri pernah dihias dengan aneka lampu warna-warni saat pernikahan Ratu Belanda Juliana dengan Pangeran Bernhard pada 7 Januari 1937.

Sejarah pembangunan Jembatan Lama Kota Kediri diperoleh dari sumber buku dari Belanda dengan judul 'Nieuw Nederlandsch Biografisch Woordenboek'.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved