Berita Surabaya

Emil Dardak : Pengalaman Pakde Karwo Jadi Rujukan Kembangkan Pendidikan Pesantren

Pengalaman Pakde Karwo dalam memimpin Jawa Timur selama 10 tahun adalah rujukan luar biasa dalam mengembangkan pendidikan pesantren

Emil Dardak : Pengalaman Pakde Karwo Jadi Rujukan Kembangkan Pendidikan Pesantren
surya.co.id/fatimatuz zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada Soekarno yang hari ini diberi gelar Honoris Causa bidang Pendidikan Islam dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Rabu (27/3/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada Soekarno yang hari ini diberi gelar Honoris Causa bidang Pendidikan Islam dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Rabu (27/3/2019).

Emil mengatakan pengalaman Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo dalam memimpin Jawa Timur selama 10 tahun adalah rujukan luar biasa dalam mengembangkan pendidikan Pesantren berbasis pendidikan Diniyah.

"Beliau sebagai gubernur menjabat 2 periode atau 10 tahun menjadi rujukan luar biasa dalam mengembangkan pendidikan Pesantren berbasis Madrasah Diniyah. Yang tentunya jadi pengembangan karakter sumber daya manusia yang memiliki spiritual capital," kata Emjl.

Menurut Emil hal ini akan menjadi inspirasi untuk bersama khususnya saat mengembangkan pemerintahan yang memberikan wadah untuk nantinya bisa membangun sumber daya manusia dengan haluan Pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Disampaikan wakil gubernur termuda di Indonesia ini, pendidikan karakter berbasis pendidikan pesantren menjadi hal yang juga ditekankan oleh pemerintahan Khofifah dan Emil dalam mengemban amanah lima tahun ke depan memimpin Jawa Timur.

"Sebagaimana disampaikan oleh Bu Khofifah ada konsep yang kita miliki yaitu Jatim berkah. Yang isinya bagaimana kita bisa membuat Jawa Timur bisa ada dalam koridor yang mendapatkan blessing," kata Emil Dardak.

Menurutnya dimensi spiritual capital dibangun dalam berbagai cara. Salah satunya yaitu ada pengamalan yang sesuai dengan ibadah dan juga ada pengamalan antara hubungan antar manusia yang juga harus diperkuat.

"Misalnya kita harus mengembangkan sifat kejujuran saling memberi dan juga toleransi. Itu masuk dalam pengembangan karakter yang utuh di samping juga penguatan spiritual capital," tegasnha.

Sehingga menurut Emil, Jatim berkah merupakan konsep yang utuh dengan berbagai dimensi yang tujuannya adalah untuk bisa membentuk karakter manusia yang di yakini bisa menjadi basis yang kuat untuk membangun Jawa Timur.

Dalam pengukuhan gelar Honoris Causa untuk Pakde Karwo di UINSA Surabaya hari ini sejumlah pejabat dari pemerintah provinsi Jawa Timur juga tampak hadir. Seperti sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono dan juga sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved