Breaking News:

Berita Surabaya

Alasan Walikota Busan Korsel Oh Keo-don Mangaku Kerjasama dengan Kota Surabaya yang Paling Erat

Wali Kota Busan Korsel Oh Keo-don mengakui negaranya telah menjalin lebih 40 negara, tetapi kerjasama dengan Kota Surabaya dinilai yang paling erat.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Parmin
foto: istimewa
Wali Kota Risma memberikan cinderamata sebuah kain dengan bordiran jembatan Suroboyo dan jembatan di Busan sebagai oleh-oleh hadiah kerjasama 25 tahun. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Busan Korsel Oh Keo-don mengakui negaranya telah menjalin degan lebih 40 negara, tetapi kerjasama dengan Kota Surabaya dinilai yang paling erat.

Oh Keo-don menyatakan hal itu saat bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalammeryakan 25 tahun program Siter City bersama Kota Busan, Korea Selatan.

Pertemuan semakin istimewa, karena Oh Keo-don, Wali Kota Busan, baru terpilih menjadi Wali Kota pada akhir tahun lalu.

Wali Kota Risma dan Oh Keo-don sempat makan bersama di rumah dinas wali kota. Rombongan tamu istimewa ini, terlihat begitu menikmati berbagai hidangan khas nusantara yang telah disuguhkan.

Sebagai hiburan, para tamu disambut penampilan dadak merak dan tarian-tarian tradisional, selamat datang.

Wali Kota Risma mengatakan program Sister City yang sudah berjalan 25 tahun, sejak 1994 menjadikan kedua kota ini sudah seperti saudara.

Manfaatnya bukan hanya dirasakan pemerintah, namun juga warga Surabaya, termasuk anak-anak.

"Karena setiap tahun kami selalu mengirim para pelajar dan anak-anak Surabaya dalam acara rutin yang diselenggarakan Pemerintah Busan, termasuk kesenian," Wali Kota Risma, sesuai rilis Humas Pemkot Surabaya, Rabu (27/3/2019).

Selain itu tiap tahun Pemkot Surabaya rutin mengirim para guru ke Kota Busan, untuk mengenyam pendidikan di sana.

Menurut Risma, hubungan sister city antara Surabaya dan Busan bukan hanya sekedar kerjasama antar pemerintah melainkam kerjasama ini, dinilai sudah sangat melekat di hati warga Surabaya.

“Mudah-mudahan tahun-tahun mendatang, kerjasama antara Surabaya dan Busan bisa berjalan terus dan semakin erat,” terangnya.

Wali Kota Busan, Oh Keo-don menambahkan Kota Busan memang menjalin kerjasama (sister city) dengan lebih 40 kota. Tapi kerjasama antara Surabaya dengan Busan dinilai yang paling erat. Apalagi, sejak kepemimpinan Wali Kota Risma, hubungan persaudaraan dua kota itu semakin lekat.

“Saya pertama kali datang ke sini (Surabaya), setelah tujuh tahun yang lalu dan ini penyambutan yang luar biasa. Saya rasa Surabaya sekarang lebih banyak perkembangannya, saya lihat sekarang banyak taman-taman,” tambahnya.

Kunjungan tersebut seiring dengan harapan Wali Kota Busan untuk bisa terus bekerjasama sister city dengan Kota Surabaya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved