Rumah Politik Jatim

Pemilu 2019 Harus Lahirkan Pemimpin yang Bisa Menangkan Revolusi Industri 4.0

Menurut Irnanda Laksamawan, pemimpin selanjutnya harus mampu menghadirkan konsep untuk menjawab tantangan zaman.

Pemilu 2019 Harus Lahirkan Pemimpin yang Bisa Menangkan Revolusi Industri 4.0
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Irnanda Laksamawan, pakar teknologi ketika ditemui di sela seminar bertajuk Revolusi Industri 4.0 Indonesia yang diselenggarakan oleh Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT), Sabtu (23/3/2019) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Jatim menggelar seminar bertajuk Revolusi Industri 4.0 Indonesia, Sabtu (23/3/2019) di Surabaya. Acara ini diikuti oleh civitas kampus, BUMN, hingga beberapa praktisi.

Satu di antara panelis yang hadir adalah Irnanda Laksamawan, seorang pakar teknologi. Di dalam forum tersebut, banyak membahas peran penting pemerintah sebagai eksekutif untuk bekerjasama dengan legislatif dalam menyiapkan infrastruktur dan suprastruktur dalam menghadapi globalisasi.

Utamanya, dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Pemimpin kedepan, harus berpihak kepada pemimpin yang benar, punya hati nurani, yang mau kerja, kerja keras, kerja nyata," kata Irnanda ketika dikonfirmasi seusai acara.

Menurutnya, pemimpin selanjutnya harus mampu menghadirkan konsep untuk menjawab tantangan zaman.

"Bukan yang justru sebatas angan-angan, bukan pesimis. Perlu pemimpin yang optimistis, menginspirasi rakyatnya, dan membawa kebersamaan kepada rakyatnya, bukan memecah belah," tegasnya.

Mantan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) ini menambahkan bahwa kebersamaan antar masyarakat menjadi modal awal dalam memenangkan revolusi industri tersebut.

"Saya rasa kemajuan dan kemenangan bisa diraih, kalau kita bersatu, bersama. Biar dari agama, suku, ras mana pun, harus bersama-sama dalam peperangan ini," katanya.

Perang yang ia maksud adalah perang terhadap globalisasi. Globalisasi yang berbasis perkembangan industri 4.0, di global maupun lokal.

"Kemenangan itu dibangun secara bersama-sama. Kalau tidak optimis, sulit untuk menang," katanya.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved