Berita Lamongan

TRC BPBD Lamongan Langsung Evakuasi dan Bantu Perbaikan Bangunan Rusak Akibat Puting Beliung

TRC BPBD Lamongan membantu warga yang rumahnya rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Maduran

TRC BPBD Lamongan Langsung Evakuasi dan Bantu Perbaikan Bangunan Rusak Akibat Puting Beliung
istimewa
TRC BPBD Lamongan membantu perbaikan rumah milik warga korban angin puting beliung dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang di Maduran, Kamis (21/03 /2019). 

SURYA.co.id l LAMONGAN - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan bersama Muspika Kecamatan Maduran, Lamongan, Jawa Timur, membantu warga yang rumahnya rusak akibat diterjang angin puting beliung, Kamis (21/03/2019). TRC juga membersihkan pohon-pohon yang tumbang di jalan dan menimpa rumah warga.

"Warga dan Muspika juga bergotong-royong membantu korban puting beliung," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin.

Untuk atap rumah yang bisa diganti langsung diganti. Sementara yang terpasang esbes diganti seperti semula. Untuk SDN Maduran yang mengalami kerusakan paling parah, perbaikannya masih harus menunggu material.

Angin Puting Beliung Terjang Kecamatan Maduran Lamongan, Sejumlah Bangunan Rusak

"Untung aliran listrik tidak sampai padam sehingga sangat membantu proses evakuasi dan perbaikan ini," sambungnya.

Sementara itu, guru SDN Maduran, Nismudi, mengungkapkan kejadian berlangsung begitu cepat.

Pusaran angin datang dari depan sekolah dan langsung menghantam pohon hingga roboh.

Setelah itu, angin menghantam rumah dinas yang ada di kompleks sekolah.

Usai menghantam rumah, angin puting beliung kemudian membawa serpihan dan menghantam tiga ruang kelas yang ada di gedung sekolah ini.

Ada ruang kelas rusak parah di bagian atapnya. Selain itu, puting beliung juga merusak kaca ruang kelas hingga membuat dua ruang kelas di SDN ini rusak parah.

"Alhamdulillah saat kejadian anak-anak istirahat, sebagian sholat dhuha di mushola, sebagian bermain di halaman, sehingga tidak ada yang terluka," tandas Nismudi.

Data yang dihimpun dari BPBD Lamongan menyebut, akibat terjangan puting beliung ini mengakibatkan 15 rumah rusak di bagian atapnya, tiga gedung sekolah yaitu gedung SDN Maduran, SD Muhammadiyah Maduran dan SMP Negeri Maduran, juga mengalami kerusakan.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved