Berita Jombang

Cabai India Masuk Jombang, Pedagang 'Tuding' Bikin Harga Cabai Rawit Lokal Anjlok

Anjloknya harga cabai rawit ini diduga karena adanya cabai kering impor dari India ke pasaran dalam negeri, khususnya Jombang.

Cabai India Masuk Jombang, Pedagang 'Tuding' Bikin Harga Cabai Rawit Lokal Anjlok
surya/sutono
Pedagang cabai rawit di Pasar Pon Jombang. Pedagang mengeluh harga jual cabai rawit yang terjun bebas lantaran diduga adanya cabai kering impor asal India yang masuk ke Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Jombang terus anjlok. Anjloknya harga cabai rawit ini diduga karena adanya cabai kering impor dari India ke pasaran dalam negeri, khususnya Jombang.

Pedagang sayur di Pasar Pon Jombang, Hary, mengatakan harga cabai rawit saat ini hanya Rp 16.000 per kilogram. Padahal satu minggu sebelumnya harganya masih Rp 18.000 per kilogram.

"Harga terus turun, satu minggu terakhir sudah turun Rp 2.000 per kilogram. Harga ini terus turun dan tidak bisa naik seperti dulu sejak cabai kering impor dari India masuk pasar," keluhnya kepada surya.co.id, Selasa (19/3/2019).

Menurut Hary, memang cabai kering impor ini lebih mahal, yakni Rp 42.000 per kilogram. Tetapi rasanya jauh lebih pedas sehingga lebih hemat penggunaannya.

"Satu kilogram cabai kering impor ini bisa setara dengan cabai rawit lokal segar 4 kilogram. Kalau dikalkulasi lebih murah, makanya warung dan rumah makan lebih suka pakai cabai impor. Pelanggan banyak beralih ke cabai impor," bebernya.

Dikatakan Hary, jika cabai impor ini terus dibiarkan masuk secara bebas di pasaran, tidak menutup kemungkinan petani akan mengalami gulung tikar, enggan menanam cabai lagi.

Pedagang cabai juga bakal merugi.

Hary menyebut rata-rata pemilik usaha warung maupun restoran kini lebih menyukai menggunakan cabai kering impor ketimbang cabai rawit lokal karena lebih hemat.

"Selain rasanya lebih pedas, pemilik warung juga tidak perlu kerja dua kali jika menggunakan cabai kering impor ini," pungkasnya.

Sampai berita ini ditayangkan, belum ada tanggapan dari Disperindag Jombang terkait keluhan pedagang pasar tentang cabai kering impor asal India tersebut.

Penulis: Sutono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved