Berita Surabaya

Pelajar Indonesia Bentuk Asosiasi Pelajar dan Alumni Nordik Baltik untuk Kawal SDGs

Pelajar Indonesia Bentuk Asosiasi Pelajar dan Alumni Nordik Baltik untuk Kawal SDGs

Pelajar Indonesia Bentuk Asosiasi Pelajar dan Alumni Nordik Baltik untuk Kawal SDGs
Istimewa
Duta besar RI untuk Denmark dan Lithuania beserta Rachmat Witoelar dan Erna Witoelar berfoto bersama mahasiswa Master dan Ph.d dari wilayah Nordik dan Baltik.  

SURYA.co.id |SURABAYA - Pelajar Indonesia membentuk asosiasi Pelajar dan Alumni Nordik Baltik untuk mengawal agenda SDGs.

Pembentukan asosisasi pelajar itu berlangsung saat konfrensi Nordic Baltic Indonesian Scholar Conference (NBISC) di Copenhagen, Denmark pada Sabtu dan Minggu (16 -17 Maret 2019).

NBISC merupakan acara konferensi tahunan Perhimpunan/Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang berada di wilayah Nordik dan Baltik yaitu PPI Denmark, PPI Finlandia, PPI Swedia, PPI Norwegia, dan PPI Estonia.

Secara umum, konferensi ini bertujuan sebagai ajang bertemu dan berdiskusi antar para akademisi, peneliti, dan pelajar Indonesia yang berada di wilayah Nordik dan Baltik.

Tema yang diangkat dalam konferensi kali ini adalah Sustainable Development Goals (SDG), yang merupakan agenda global untuk mendorong perubahan-perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

Tema tersebut sangat bersesuain dengan bidang studi pelajar Indonesia di kawasan nordik baltik yang kebanyakan di bidang terkait dengan SDGs.

Ketua PPI Denmark, Luthfi Nur Rosyidi dalam kata sambutannya mengawali acara konferensi mengatakan bahwa konferensi tersebut penting sekali, karena bisa mengkolaborasikan dan mensingkronkan berbagai studi yang dilakukan para pelajar, seklaigus untuk membangun jejaring diantara mereka.

Ada 19 poster hasil penelitian dan 10 foto terkait SDGs yang dilombakan dalam acara ini.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Denmark dan Republik Lithuania, bapak M. Ibnu Said turut hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara konferensi. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pembicara yang telah berkenan untuk berpartisipasi dalam konferensi ini.

Dalam sambutannya, Ibnu Said mengatakan, beberapa kerjasama yang telah terjalin antara pemerintah Indonesia diantaranya program hutan harapan.

Halaman
12
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved