Ada Seribu Lowongan Kerja di Bursa Kerja yang Digelar Pemkot Kediri

Ribuan lowongan kerja tersedia dalam bursa kerja yang digelar Pemkot Kediri di GOR Jayabaya, Kota Kediri, Rabu (13/3/2019)

Ada Seribu Lowongan Kerja di Bursa Kerja  yang Digelar Pemkot Kediri
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Pengunjung bursa kerja memadati stan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di GOR Jayabaya, Kota Kediri, Rabu (13/3/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Sebanyak 54 perusahaan berbagai sektor mengikuti bursa kerja Kota Kediri. Ada 1.000 lowongan kerja yang disiapkan selama bursa kerja yang berlangsung dua hari di GOR Jayabaya, Kota Kediri, Rabu (13/3/2019).

Agenda bursa kerja ini dibuka Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah. Malahan Wawali berkeliling mengunjungi sejumlah stan bursa kerja.

Pada hari pertama bursa kerja sudah dipadati masyarakat pelamar kerja. Para pelamar ini rata-rata menanyakan formasi kerja sekaligus ada yang mengirimkan surat lamaran.

Sejumlah stan peserta bursa kerja memang membuka formasi lowongan pekerjaan sekaligus membuka lamaran di arena bursa kerja.

Lathifa, salah satu pengunjung bursa kerja mengaku senang dapat berinteraksi dengan sejumlah perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

"Senang sekali karena banyak perusahaan-perusahaan bagus yang ikut bursa kerja. Kita lebih mudah mencari perusahaan-perusahaan yang ingin kita tuju," ujarnya.

Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah mengatakan, berdasar data Dinkop UMKT Kota Kediri, jumlah pencari kerja 2018 sebanyak 2.683 orang. Sedangkan jumlah penempatan kerja sebanyak 1.971 orang baik penempatan di dalam maupun di luar negeri.

Dijelaskan bursa kerja merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri untuk menekan angka pengangguran. Pada 2018 untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri turun diangka 3,63 persen di bawah angka pengangguran terbuka Jawa Timur 3,99 persen.

"Tahun 2018 ini puncak suksesnya penurunan pengangguran di Kota Kediri," ujarnya.

Selain mengadakan bursa kerja, Pemerintah Kota Kediri juga mengadakan pelatihan kerja mandiri gratis. Peserta diberikan skill yang dapat menunjang saat memasuki dunia kerja maupun menjadi seorang enterpreneur.

Selain itu juga ada bantuan modal lewat dana bergulir yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved