Berita Surabaya

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Dindik Jatim Siapkan Program Teaching Factory di 270 SMK

Dindik Jatim akan intensif menggelar program Teaching Factory di SMK, agar lulusan SMK memiliki kompetensi yang dibutuhkan di industri.

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Dindik Jatim Siapkan Program Teaching Factory di 270 SMK
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Ilustrasi - Siswa SMK PGRI 13 saat mendapat arahan penataan barang di swalayan yang ada di sekolahnya dalam program Teaching Factory SMK Alfamidi, Kamis (28/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim akan intensif menggelar program Teaching Factory di SMK. Program ini digiatkan sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan SMK, agar lulusan SMK memiliki kompetensi yang dibutuhkan di industri.

Kasi Kurikulum SMK Dindik Jatim, Hery Trijono, mengatakan saat ini sudah ada 270 lembaga yang ikut Teaching Factory di Jawa Timur. Tahun ini, diperkirakan pemerintah membentuk 500 program Teaching Factory di seluruh Indonesia.

”Infonya begitu. Akan ada 500 SMK untuk program Teaching Factory se-Indonesia,” kata Hery.

Syarat sekolah agar bisa mendirikan Teaching Factory adalah harus melihat pada kesiapan sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, dan infrastruktur laboratorium yang harus lengkap.

Selain itu, sekolah harus mempunyai produk yang layak jual dan bisa bersaing di lapangan serta draft kegiatan yang akan dilakukan.

”Karena ini berkaitan dengan membentuk kompetensi yang unggul, kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan industri. Syarat-syarat itu harus diperhatikan,” sambungnya.

Dengan sarana dan SDM yang memadai maka proses pembelajaran akan sesuai dengan permintaan perusahaan.

"Misalnya, kelas Tata Busana. Jika ingin mendapatkan kompetensi menjahit yang profesional, hal itu harus dilakukan kerjasama dengan industri yakni perusahaan konveksi," urainya.

Mulai dari penyesuaian kurikulum, tenaga kompetensi hingga sarana-prasana yang mumpuni.

Bahkan pihaknya telah mengusulkan bahwa seragam siswa kelas 10 dibuat oleh kelas 12.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved