Berita Surabaya

Pakde Karwo Dapat SK Rektor Unair Ngajar S2, Begini Kesannya saat Jadi Dosen

Keinginan Soekarwo kembali mengajar menjadi dosen setelah menuntaskan jabatan sebagai Gubernur Jatim kini mulai terwujud

Pakde Karwo Dapat SK Rektor Unair Ngajar S2, Begini Kesannya saat Jadi Dosen
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Rekasi Mahasiswa Unair Asal Turkmenistan saat Soekarwo Beri Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

SURYA.co.id | SURABAYA - Keinginan Soekarwo kembali mengajar menjadi dosen setelah menuntaskan jabatan sebagai Gubernur Jatim kini mulai terwujud. Sejak Januari 2019, Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, telah mendapat Surat Keputusan (SK) Rektor Unair sebagai dosen di Pasca Sarjana.

"Sejak dulu saya ingin mengajar. Di telepon Pak Rektor (Prof Moh Nasih) untuk dijadikan dosen, saya senang sekali. Saat ini saya mengampu mata kuliah Ekonomi Makro di pasca sarjana seminggu satu kali," kata Pakde Karwo.

Pakde Karwo menyediakan bahan ajarnya sendiri, dibantu ajudannya untuk persiapan mengajar di kelas. Meski suasana pembelajaran di kelas reguler berbeda dengan di area kuliah tamu, ia mengaku sudah mulai menikmati dan terbiasa.

Reakasi Mahasiswa Unair Asal Turkmenistan saat Soekarwo Beri Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

"Ya saya siapkan power pointnya sendiri, dan sekarang masih adaptasi juga dengan dosen-dosen lain karena masih baru juga ngajarnya," ungkapnya.

Dalam pemberian materi, Pakde Karwo cenderung menerapkan teori empiris.

Ini lantaran pengalamannya di lapangan lebih dahulu dimiliki dibandingkan para mahasiswa yang saat ini masih mempelajari teori.

"Jadi saya ngajar empirisnya, nanti teorinya dari profesor lain. Meskipun saya kuliah hukum tapi saya sudah belajar ekonomi bahkan disertasi saya juga terkait dengan keuangan dan ekonomi," urai pria yang mendapat gelar Doctor Honoris Causa dengan teori Jatimnomicnya ini.

Keinginan kembali mengajar ini juga telah terwujud dengan menjadi dosen tamu di berbagai universitas usai purna tugas sebagai Gubernur Jatim.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved