10 Truk Angkut 'Gunung Sampah' di Bawah Jembatan Arosbaya Bangkalan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan mengerahkan 10 truk untuk mengangkut 'Gunung Sampah' di bawah Jembatan Arosbaya.

10 Truk Angkut 'Gunung Sampah' di Bawah Jembatan Arosbaya Bangkalan
surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Sejumlah petugas bekerja memindahkan sampah dari bawah Jembatan Tambengan Desa/Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Rabu (6/3/2019). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan mengerahkan sebanyak 10 unit truk sampah dan kendaaraan backhoe loader guna mengangkut 'Gunung Sampah' di bawah Jembatan Tambengan Desa, Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Rabu (6/3/2019).

Permasalahan sampah di bawah jembatan telah lama menjadi perhatian para pengendara. Tumpukan sampah jelas terlihat di bahu sungai sisi timur jembatan.

Camat Arosbaya, Anang Yulianto mengungkapkan, masyarakat setempat kebingungan ketika hendak membuang sampah karena memang tidak ada tempat pembuangan sampah.

"Akhirnya dibuang di situ (Jembatan Tambengan). Jadilah 'Gunung Sampah'," ungkap Anang Yulianto kepada Surya.

Kegiatan tersebut melibatkan para perangkat desa, kecamatan, puskesmas, mahasiswa, siswa SMPN 1 Arosbaya, Forum Komunikasi Arosbaya Bersatu, hingga Polsek dan Koramil Arosbaya.

Anang menjelaskan, kebingungan masyarakat setempat dalam membuang sampah dikarenakan hingga saat ini tidak ada fasilitas untuk menampung sampah rumah tangga.

"Secara aturan memang di luar tanggung jawab DLH. Sedangkan bak sampah di pasar, khusus sampah dari pasar," jelas Anang.

Saat ini telah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Bangkalan Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten Bangkalan dalam Pengolahan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Perbup tersebut sebagai tindak lanjut atas Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Anang mengatakan, pihaknya bersama perangkat desa dan masyarakat tengah menggagas pengolahan dan pemilahan sampah sebelum dikirim ke TPA.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved