Breaking News:

Berita Sidoarjo

Polisi Jaga Ketat Pelipatan Surat Suara di KPU Sidoarjo

Proses penyortiran dan pelipatan kertas suara di KPU Sidoarjo mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Kapolres Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat meninjau proses pelipatan surat suara di KPU Sidoarjo, Selasa (5/3/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Proses penyortiran dan pelipatan kertas suara di KPU kabupaten Sidoarjo mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian. Selama kegiatan ini berlangsung, ada 10 personil polisi disiagakan di setiap lokasi pelipatan.

Ya, selama tujuh hari ini KPU Kabupaten Sidoarjo sedang melakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk surat suara DPR RI. Kegiatan itu dilakukan di tiga gudang KPU yang berada di Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Hukum Nanang mengatakan, ada sebanyak 1.397.570 surat suara DPR-RI yang disortir dan dilipat. Jumlah tersebut merupakan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)  ditambah dengan 2 persen.

"Pengerjaan selama tujuh hari, dan kami pekerjakan 225 tenaga untuk melakukan sortir dan lipat surat suara DPR RI ini," ujar Nanang di sela kesibukannya, Selasa (5/3/2019).

Tenaga Pelipat Surat Suara Untuk Pemilu 2019 di Jombang Dibayar Rp 100 per Lembar

Mobil Pikap Tabrak 4 Pelajar Bersepeda Motor di Blitar. Satu Pelajar Tewas Terjepit Pikap dan Pohon

Pihaknya membagi tenaga pelipat ini menjadi 45 kelompok,yang setiap kelompoknya terdiri atas 5 pekerja.

"Semua pekerja ini diambil dari warga sekitar," lanjutnya.

Dari sortir yang dilakukan, terhitung sementara sudah ada sebanyak 216 surat suara yang dinyatakan rusak. Kerusakannya beragam, ada yang sobek, tinta blobor, kelebihan cetakan atau dobel dalam lipatannya.

Menurut Nanang, dalam proses sortir dan pelipatan ini pihaknya juga terus berkordinasi dengan pihak kepolisian. Khususnya untuk menjaga keamanan selama proses itu berlangsung.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, terlihat datang langsung ke gudang KPU untuk memantau proses pengamanan di tiga gudang itu, Selasa siang 

Terekam CCTV, Pria Pengendara Motor Buntuti Siswi SMA di Mojokerto Sambil Mengeluarkan Penisnya

Petani di Ponorogo Tewas Keracunan Gas saat Perbaiki Sumur

Menurut Kapolres, dari tiga gudang KPU yang terletak di Desa Lebo, Prasung dan di Kantor KPU yang digunakan sebagai tempat penyortiran dan pelipatan surat suara,  pihaknya menempatkan 10 personil di setiap gudang.

"Petugas dibagi tiga shift. Dan ke depannya pengamanan akan lebih kita optimalkan, serta  kita tingkatkan. Kami juga akan tambah personil pengamanan," tegasnya.

Hal tersebut perlu dilakukan lanjut Zain, karena dengan banyaknya jumlah surat suara yang akan disortir dan dilipat, kerawanan akan semakin tinggi.

Selama proses berlangsung, tidak sembarang orang bisa masuk ke lokasi pelipatan. "Jangan sampai ada orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam gudang. Petugas juga harus mengawasi siapa saja yang bertugas maupun siapa saja yang datang ke lokasi," urainya.

Tentang kondisi kemanan sendiri, mendekati pelaksanaan Pemilu serentak, disebut Kapolres bahwa Sidoarjo tetap kondusif. Diharapkan, kondusifitas itu selalu terjaga sampai semua proses dalam pesta demokrasi selesai digelar.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved