Berita Blitar

Baru 5 Bulan Dipasang, Patung Bung Karno Senilai Rp 1,6 Miliar di Halaman Pemkab Blitar 'Rusak'

Belum ada lima bulan dipasang, patung Bung Karno yang berdiri di halaman Pemkab Blitar ternyata sudah rusak

Baru 5 Bulan Dipasang, Patung Bung Karno Senilai Rp 1,6 Miliar di Halaman Pemkab Blitar 'Rusak'
surya/imam taufiq
Patung Bung Karno di halaman kantor Pemkab Blitar saat sedang diperbaiki dan dicat. Patung yang baru lima bulan ini sempat menimbulkan kontroversi lantaran wajahnya dianggap tak mirip Bung Karno dan pembangunannya yang dinilai boros anggaran, yakni Rp 1,6 miliar. 

SURYA.co.id | BLITAR - Belum ada lima bulan dipasang, patung Bung Karno yang berdiri di halaman Pemkab Blitar ternyata sudah rusak. Informasinya, banyak cat yang mengelupas dan dikhawatirkan jamuran di patung yang menghabiskan anggaran Rp 1,6 miliar itu.

Perbaikan patung Bung Karno itu berlangsung seminggu, dan sudah selesai Minggu (3/3/2019). Tak hanya mengecat bodi saja, kerangka besi yang jadi konstruksi tulangan pada patung itu juga dilakukan supaya tak berkarat.

"Iya memang ada perbaikan, karena itu termasuk tanggung jawab rekanan untuk melakukan perawatan," kata Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata Pemkab Blitar, Asbir, Senin (4/3/2019).

Menurutnya, tak ada kerusakan yang berarti pada patung itu. Hanya saja, ada beberapa cat yang sudah mulai mengelupas, sehingga perlu dicat ulang.

Kalau tidak, dikhawatirkan kian banyak kerusakan pada body pantung tersebut.

Juga ditemukan konstruksi badannya sudah lecet-lecet sehingga perlu ditambah ulang, supaya tak melebar.

"Ya, mungkin saja kena panas dan hujan, akhirnya perlu perawatan. Itu masih tanggung jawab rekanan sehingga kami belum perlu mengeluarkan biaya," ungkapnya.

Dari informasi yang beredar, ada beberapa bagian bodi patung  yang retak. Namun Asbir menangkal kabar itu.

"Tak ada yang retak, cuma lecet-lecet saja, sehingga cukup dicat saja," ujarnya.

Proyek patung Bung Karno ini tak pernah sepi dari masalah. Sejak direncanakan, hingga sudah pasang, terus dipersoalkan anggota dewan.

Halaman
12
Penulis: Imam Taufiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved