Berita Nganjuk

Pemkab Nganjuk Siapkan Perda Untuk Wujudkan RPJMD

Pemkab Nganjuk bakal menyusun Perda yang menjadi payung hukum pengesahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat dan Wakilnya Marhaen Djumadi 

SURYA.co.id | NGANJUK - Pemkab Nganjuk bakal menindaklanjuti pengesahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk 2019 - 2023. Salah satunya bakal membuat peraturan daerah (perda) yang menjadi payung hukumnya. 

Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menyebutkan, anggaran untuk mewujudkan RPJMD sebagian sudah ada dianggarkan pada APBD 2019. Sebagian lainnya dilakukan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK).

"Yang telah dianggarkan langsung dilaksanakan mulai awal tahun ini. Sedangkan yang belum dianggarkan menunggu PAK seperti bantuan bea siswa dan Kartu Nganjuk Mandiri," jelas Marhaen Djumadi, Jumat (1/3/2019).

Untuk mewujudkan progam baru bagi masyarakat itu juga ditindaklanjuti dengan pembuatan perda. Beberapa progam yang diajukan seperti revitalisasi pasar, bangga beli dan bela produk Nganjuk.

Marhaen Djumadi menyebutkan, progam-progam khusus diperlukan perda untuk menjadi payung hukumnya. Dicontohkan, anak-anak sekolah yang biasanya rekreasi keluar daerah, nanti cukup rekreasi yang ada di Kabupaten Nganjuk.

"Kalau ada kegiatan outbond tidak usah keluar daerah, cukup di Nganjuk saja. Biar uang berputar di Nganjuk, sehingga ada multi player effeknya," jelasnya.

Contoh lainnya, Kabupaten Nganjuk juga berencana membuat produk air minum kemasan. Produk inilah yang ditawarkan untuk dikonsumsi masyarakat sehingga ada kebanggaan bagi masyarakat Nganjuk.

"Nanti juga kita kampanyekan kepada masyarakat dan ibu-ibu agar bangga pergi ke pasar tradisional. Pasarnya nanti juga kita revitalisasi sehingga lebih bagus," jelasnya.

Melalui progam bangga dan beli produk Nganjuk juga termasuk dengan produk makanan maupun snack. Nanti untuk acara resmi pemerintah daerah kita manfaatkan potensi produk Nganjuk.

Kampanye bangga produk Nganjuk juga termasuk dalam pembangunan proyek infrastruktur. Kalau ada orang Nganjuk yang mampu, proyek infrastruktur harus dikerjakan oleh orang Nganjuk.

"Selama ini kalau ada proyek paving, ambil bahannya dari luar daerah. Nanti kita prioritaskan bahan pavingnya dipilih buatan orang Nganjuk," ungkapnya.

Sementara untuk bantuan bea siswa mahasiswa yang kuliah S-1, S - 2 dan S -3 jika sudah dianggarkan bisa langsung diwujudkan. Namun kalau anggarannya belum ada disiapkan melalui PAK.

"Kita prioritaskan dari keluarga yang tidak mampu yang memiliki prestasi bagus. Kriterianya nanti diatur dalam perda," tambahnya.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk 2019 - 2023 berisi visi dan misi Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan Wakil Bupati Marhaen Djumadi. RPJMD ini telah disahkan melalui rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Puji Santoso.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved