Rumah Politik Jatim

Jelang Pemeriksaan Saksi Penghadangan Prabowo di Surabaya, Kantor Bawaslu Jatim Dijaga Polisi-Rantis

Jelang Pemeriksaan Saksi Penghadangan Prabowo di Surabaya, Kantor Bawaslu Jatim Dijaga Polisi-Rantis

Jelang Pemeriksaan Saksi Penghadangan Prabowo di Surabaya, Kantor Bawaslu Jatim Dijaga Polisi-Rantis
Surabaya.Tribunnews.com/Bobby Koloway
Sebuah Kendaraan Taktis (Rantis) APC Tambora milik Polda Jatim diparkir di Bawaslu Jatim, Kamis (28/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur berkoordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dari unsur kepolisian dan kejaksaan, Kamis (28/2/2019) akan memulai melakukan pemeriksaan terhadap laporan penghadangan Calon Presiden, Prabowo Subianto di Surabaya beberapa waktu lalu.

Hingga pukul 11.00 WIB, jajaran Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Jawa Timur, sebagai pihak pelapor telah berada di Bawaslu Jatim.

Di antaranya, Ketua Harian BPP Jatim, Anwar Sadad serta tim advokasi BPP Jatim.

"Informasi yang kami terima dari Bawaslu Jatim, hari ini ada pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi kejadian. Sehingga, kami bersama tim datang ke Bawaslu," ujar Anggota Tim Advokasi BPP Jatim, Suwari kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Bawaslu Jatim, Kamis (28/2/2019).

Dari pantauan Surya.co.id, sejumlah personil kepolisian ikut berjaga di Bawaslu Jatim, di antaranya ada yang bersenjata. Mereka berjaga di depan Bawaslu Jatim.

Sebuah Kendaraan Taktis (Rantis) APC Tambora milik Polda Jatim juga ikut terparkir. Kendaraan multifungsi milik kepolisian ini diparkir tak jauh dari Bawaslu Jatim.

Untuk diketahui, pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari laporan adanya aksi penyambutan Calon Presiden Prabowo Subianto oleh sejumlah massa, Selasa (19/2/2019) di Surabaya lalu. Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Jawa Timur resmi melaporkan aksi tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim.

BPP Jatim menyebut aksi ini sebagai bentuk penghadangan. "Oleh karenanya, Tim Advokasi BPP Jatim pada Jumat (22/2/2019) melaporkan ke Bawaslu Jatim," kata Suwari, Anggota Tim Advokasi BPP Prabowo-Sandi kepada Surya.co.id, Sabtu (23/2/2019).

BPP Prabowo-Sandi di Jawa Timur pun telah melengkapi laporan penyambutan Prabowo Subianto oleh pendukung Calon Presiden, Joko Widodo di Surabaya ke Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Jatim, Senin (25/2/2019). Sejumlah barang bukti pun dibawa untuk melengkapi berkas laporan ini.

"Kami telah melengkapi berkas laporan dengan beberapa alat bukti," kata Suwari, Anggota Tim Advokasi BPP Prabowo-Sandi di Jatim, Senin (25/2/2019) lalu.

Sebelumnya, ratusan massa pendukung calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan sambutan kepada calon presiden Prabowo Subianto di Surabaya, Selasa (19/2/2019). Sambutan kini tak biasa sebab mereka menyambut capres pasangan Cawapres Sandiaga Uno dengan membentangkan banner dukungan kepada capres Jokowi.

Sebuah banner bertuliskan " Selamat datang Bapak Prabowo di Wilayah Bulak Rukem. Kami menyambutmu sebagai tamu tapi pilihan Kami tetap nomor 1 Jokowi-Ma'ruf Amin" pun mereka bentangkan. Ratusan massa tersebut juga menyanyikan yel-yel dukungan kepada Jokowi-Amin.

"Jokowi Wae... Mas... Jokowi wae... Ojo liane... Ojo liane... Ojo liane," yel-yel para relawan sambil terus membentangkan baliho tersebut. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved