Popularitas Caleg Artis tak Menjamin Perolehan Suara Capres-Cawapres yang Dikampanyekan

Popularitas saja tak cukup bagi para caleg artis untuk memperoleh suara bagi Capres-Cawapres yang didukung dan dikampanyekannya.

surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Jajaran caleg artis Partai NasDem saat blusukan di Pusat Grosir Surabaya (PGS), di kawasan Pasar Turi, Surabaya Minggu (23/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - Salah satu kekuatan tim sukses dalam memenangkan Capres-cawapres adalah pergerakan calon legislatif (Caleg) dari partai koalisi.

Terlebih lagi jika Caleg tersebut mempunyai latar belakang artis yang mempunyai popularitas dan diharapkan bisa merebut hati para pemilih milenial.

Namun begitu, Peneliti Surabaya Survei Center (SSC), Surokim Abdussalam menyebutkan pilihan antara legislatif dan Pilpres tidak selalu linier.

"Bahkan di perkotaan potensi perbedaan juga tinggi," kata Surokim, Rabu (27/2/2019).

Terlebih lagi popularitas tersebut belum tentu akan berbanding lurus dengan elektabilitas baik di Pileg maupun kepada Capres-cawapres yang dikampanyekannya.

"Untuk sampai pada elektabilitas belum jaminan karena milenial lebih mempertimbangkan faktor rasionalitas," kata Surokim.

"Sebagai jalan pintas untuk Caleg itu memang efektif menggaet para artis tetapi seiring dengan pertumbuhan pemilih rasional tidak ada jaminan," ucapnya.

Menurut Surokim, Caleg artis tersebut harus memperlihatkan kompetensinya agar bisa mengubah popularitas menjadi elektabilitas.

"Sering terlibat dalam diskursus masalah publik dan punya ide-ide dan gagasan progresif. Karena yang menjadi indikator daya tarik pemilih rasional adalah program dan terobosan kreatif, bukan popularitasnya sebagai artis," ucapnya.

Begitupun saat mengkampanyekan Capres-cawapres jagoannya, Caleg artis harus bisa mensosialisasikan program yang bisa menjawab masalah dan isu yang berkembang di masyarakat saat ini.

Pada Pemilu 2019 ini ada beberapa Caleg artis yang berangkat dari Dapil Jatim, mulai dari Ahmad Dhani dari Partai Gerindra, Andre Hehanusa dari PDIP, Manohara Odelia Pinot dari Partai Nasdem serta Caleg artis yang lain.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved