Berita Sidoarjo

Sebabkan Banyak Pengendara Jatuh, Jalan Rusak di Buduran Sidoarjo Ditanami Pisang

Jalan rusak dan berlubang di Jl Raya Damarsi, Buduran, ditanami pohon pisang karena sering menyebabkan pengendara motor terjatuh.

Sebabkan Banyak Pengendara Jatuh, Jalan Rusak di Buduran Sidoarjo Ditanami Pisang
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Sejumlah pohon pisang berdiri dii sepanjang Jalan Damarsi, Buduran, Sidoarjo, Senin (25/2/2019). jalan ini sudah rusak parah dan banyak warga jatuh akibat terperosok lubang jalan. 

SURYA.co.id | SIDOARJO – Sejumlah lubang dan kerusakan di Jalan Raya Damarsi, Buduran, Sidoarjo bukan hanya mengganggu arus lalu lintas. Tapi sudah banyak pengendara yang jatuh karena terperosok sejumlah lubang jalan di sana.

Mengantisipasi hal itu terulang lagi, warga memlih menanam pohon pisang di sepanjang jalan yang rusak. Terhtung, ada lima pohon berdisi di sana, Senin (25/2/2019). Satu pohon dengan lainnya berjarak sekitar 10 meter.

Agar pohon pisang bisa berdiri, warga menempatkan keranjang kayu dan batu sebagai penyangganya. “Yang dikasih pohon pisang itu di lubang-lubang jalan yang besar,” kata Tarmuji, seorang warga di sana.

Karena ada sejumlah pohon pisang berdiri di jalan tersebut, kendaraan besar pun tidak bisa bersimpangan. Alhasil, mereka harus bergantian saat melintasi jalan ini.

“Tidak apa-apa dipasangi pisang begtu. Toh jalannya rusak parah, kendaraan lewat juga tetap harus sangat pelan. Ada pisangnya lebiih baik, daripada terperosok,” ujar Wahyudi, seorang pengemudi mobil yang melintas dii jalan itu, Senin siang.

Lelang Perdana, Kopi Arabika Kobra Tembus Rp 800 Ribu Per Kilogram

Masuk Rumah, Pria Muda di Tuban Histeris Melihat Istrinya Tewas Gantung Diri

Penanaman pohon pisang itu sendiri, selain untuk memberi tanda agar pengguna jalan tidak terperosok juga sepertnya sebagai bentuk protes warga terhadap pemerintah yang tak kunjung memperbaiki jalan yang rusak ini. Padahal, kerusakan sudah sangat parah.

“Kalau hujan, lubang-lubang di jalan itu tertutup air. Sehingga tidak terlhat, dan banyak pengendara motor terperosok,” sopir yang mengaku kerap melintas jalan tersebut.

Selain di jalan Damarsi, kerusakan jalan juga terjadi di sejumlah titik laiin.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, mengakui belakangan ini banyak sekali keluhan dari masyarakat terkait banyak jalan rusak di Sidoarjo.

“Kami sudah bicarakan ini. Dinas Pekerjaan Umum juga sudah saya perintahkan untuk segera memperbaiki semua jalan yang rusak,” jawab Bupati Saiful Ilah usai menggelar pertemuan dengan sejumlah pejabatnya di Pendopo Sidoarjo, Senin sore.

Menurut dia, untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak itu tidak perlu menungggu proses lelang. Anggaran yang ada bisa dimaksimalkan ke sana. Jika pejabat yang bersangkutan khawatir dalam penggunaan anggaran ini bermasalah hukum, disarankan Saiful Ilah untuk berkordinasi dengan aparat terkait.

“Kami sarankan kordinasi dengan kejaksaan, kepolisian atau sebaganya. Karena perbaikan jalan ini sangat mendesa, sehingga harus segera diselesaikan semua. Tanpa terkecuali,” tandas bupati dua periode tersebut.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved