Khofifah Minta BPOM Buka Layanan di Setiap Baperwil Jatim

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meminta pada BPOM agar membuka lyanan di setiap Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Jatim.

Khofifah Minta BPOM Buka Layanan di Setiap Baperwil Jatim
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menyapa seorang pasien di RSU Moehammad Noer di Pamekasan, Madura. Dia ingin menjadikan rumah sakit ini sebagai RS rujukan di wilayah Madura dan kepulauan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membuka layanan di setiap Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) di Jawa Timur.

Hal ini menyusul selama ini BPOM hanya ada di Surabaya sehingga cukup banyak kurang terjangkau oleh masayarakat yang tinggal jauh dari Surabaya.

Padahal layanan BPOM terbilang penting bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil maupun menengah di bidang makanan maupun produk olahan yang membutuhkan ijin usaha dari BPOM.

"Untuk mendorong UKM dan IKM BPOM jangan hanya buka hanya di Surabaya saja. Saya minta di Jawa Timur BPOM bisa menyiapkan layanan di seluruh Baperwil, dengan begitu baru bisa mendorong layanan UKM dan IKM secara signifikan," tegas Khofifah, Jumat (22/2/2019).

Sebab selama berproses memimpin Jawa Timur, saat turun ke masyarakat banyak yang wadul pada Khofifah. Mengurus ijin BPOM menjadi yang paling dibutuhkan.

Tapi kalau mereka harus mengurusnya ke Surabaya, pelaku UKM dan IKM mengaku kesulitan akses. Sehingga menurut Khofifah layanan butuh didekatkan.

"Kalau nggak didekatkan BPOM saya khawatir mereka yang seharusnya bisa berkembang lebih luas maka akan terhambat," tegasnya.

"Baperwil bisa dimanfaatkan untuk pemberian layanan BPOM. Jadi yang dari Ngawi, Magetan nggak perlu harus ke Surabaya cukup di baperwil saja," katanya.

Sejak menjabat pekan lalu, Khofifah sendiri sudah turun langsung mengecek kondisi Baperwil di Jatim. Yaitu di Baperwil Pamekasan. Saat itu ia mengumpulkan seluruh Bupati se Madura dan jajaran dinas yang menurunkan program di Madura untuk berkoordinasi di Baperwil Pamekasan.

Menurutnya dengan fasilitas yang ada, dengan asas kesererumpuman, Baperwil ke depan akan sangat membantu mendekatkan layanan dari Pemprov Jawa Timur.

"Baperwil juga nanti akan jadi tempat layanan Millenials Job Center. Yang akan memberikan pelatihan profesional freelance di era gig economy," tegasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved