Berita Probolinggo

Bersih-bersih Laut di Probolinggo, KPLP Kelas II Tanjung Perak Dapat Plastik dan Pembalut Wanita

Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya bersama KSOP Klas IV Probolinggo membersihkan sampah plastik di laut

Bersih-bersih Laut di Probolinggo, KPLP Kelas II Tanjung Perak Dapat Plastik dan Pembalut Wanita
surabaya.tribunnews.com/galih lintartika
Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya bersama KSOP Klas IV Probolinggo membersihkan sampah plastik di laut, Kamis (21/2/2019). 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya bersama KSOP Klas IV Probolinggo membersihkan sampah plastik di laut, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Bersih - bersih ini difokuskan di perairan Pelabuhan Mayangan, Kota Probolinggo.

Kurang lebih dua jam, aksi bersih - bersih ini dilakukan. Hasilnya menakjubkan, aneka sampah organik dan non organik yang menghiasi lautan di Pelabuhan Probolinggo dikumpilkan. Mulai sampah plastik makanan, pembalut wanita, bahkan petugas sempat memergoki nelayan yang buah sampah plastik di lautan.

Kasubditsarpras Direktorat KPLP Dirjen Perhubungan Laut, F Zulistian menuturkan, aksi bersih-bersih sampah merupakan wujud program padat karya pemerintah yang menargetkan angka pencemaran laut yang bisa membahayakan biota laut ini terus ditingkatkan.

"Aksi bersih-bersih sampah di laut ini merupakan upaya menyelamatkan ekosistem laut termasuk biota di dalamnya . Selama ini sampah plastik mendominasi pencemaran laut," kata Zulistian.

Pihaknya berharap, menjaga ekosistem laut bukan hanya tugas institusi namun tugas bersama. Masyarakat harus ikut andil sama-sama menjaga eksositim laut , seperti tidak membuang sampah di laut.

Meningkatnya sampah plastik di lautan, merupakan dampak dari meningkatnya jumlah kapal. Diketahui jumlah kapal di bawah GT 7 bertambah.

"Jumlah kapal meningkat, sehingga perlu kita lakukan sertifikasi kapal. Yang sudah kita lakukan ada 800 nelayan, dimana total masih sekitar 1600-an nelayan kapal," tambah Kepala KSOP Klas IV Probolinggo, Subuh Fakurrohman. 

Enam Tuhan Jadi Pemilih Pemilu 2019 di Jember

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved