Berita Surabaya

Menristekdikti M Nasir Berharap Kampus Bisa Jadi Tempat Tumbuhnya Bibit Startup

Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Prof Mho Nasir berharap semakin banyak bibit startup yang muncul di perguruan tinggi.

Menristekdikti M Nasir Berharap Kampus Bisa Jadi Tempat Tumbuhnya Bibit Startup
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Peresmian gedung baru di UPN Jatim yang dihadiri Menristekdikti, M Nasir, Selasa (19/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Prof Mho Nasir berharap semakin banyak bibit startup yang muncul di perguruan tinggi. 

Hal ini disampaikannya setelah meresmikan gedung baru Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jatim, Selasa (19/2/2019) sore.

Ia mengungkapkan, penambahan fasilitas gedung sebagai sarana pembelajaran diharapkan akan sesuai dengan program presiden dalam pengembangan Sumber Daya Manusia.

"Konsentrasi presiden pada 2018 adalah peningkatan kualitas SDM untuk Indonesia. Baik infrastruktur maupun dosen dan mahasiswa. Ke depan mahasiswa kami dorong untuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Khususnya yang bisa menghasilkan inovasi,"ujarnya.

Inovasi ini menurutnya bisa berbentuk startup, dimulai dari ide dosen yang saat menjalankannya mahasiswa dilibatkan sehingga bisa mendapatkan keahlian. Apalagi menurutnya "Unicorn” Startup di Indonesia didominasi oleh hasil pemikiran anak muda.

"Saat ini sudah muncul startup 956 start dari dosen dan mahasiswa, harapan kami bisa bertambah 1.000 tahun ini,"urainya.

Penambahan fasilitas ini diharapkan juga akan mampu menjadi embrio pengembangan teknologi, big data sains, teknologi ceedas, IOT dan berbagai keilmuan yang sesuai kebutuhan industri 4,0.

Rektor UPN Jatim, Akhmad Fauzi mengungkapkan penambahan gedung ini diharapkan bisa meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa di kedua fakultas.

Pasalnya dua gedung ini memiliki fasilitas ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi dan ruang serbaguna.

"Dengan penambahan gedung ini, kedua fakultas bisa menambah daya tampung. Secara keseluruhan di tingkat universitas penambahan gedung ini membuat kuota penerimaan mahasiswa baru naik 24 persen,"urainya.

Tags
startup
UPN
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved