Berita Lamongan

Pemohon KIA dan Akta Kelahiran Meningkat, Dispendukcapil Lamongan Sebut Karena Ini

Pengajuan Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran di Dispendukcapil Lamongan meningkat

Pemohon KIA dan Akta Kelahiran Meningkat, Dispendukcapil Lamongan Sebut Karena Ini
surya/hanif manshuri
Pemohon Kartu Identitas Anak atau KIA dan Akta Kelahiran di Dispendukcapil Lamongan, Senin (18/02/2019) 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Tingkat kesadaran warga Lamongan untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) meningkat. Setidaknya itu terlihat dari animo pemohon KIA yang hampir setiap hari meningkat jumlahnya.

Kepala Dispendukcapil Lamongan, Sugeng Widodo, mengatakan peningkatan permohonan KIA dan akta kelahiran ini cukup signifikan. Pada Februari 2019 ini, Dispendukcapil sudah melayani sebanyak 1.300 pengurus KIA dan akta kelahiran.

"Kalau di total dari 2017 hingga Januari 2019 itu totalnya 6.638. Untuk Februari 2019 sendiri saat ini sudah 1.300 pemohon," kata Sugeng, Senin (18/2/2019).

Sugeng menuturkan saat ini pihaknya memberikan kemudahan dalam mengurus KIA. Pengurusan dokumen tersebut bisa dilakukan orangtuanya sendiri maupun diwakilkan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

"Saya berikan prioritas bagi orangtuanya sendiri yang mengurus, akta kelahiran langsung satu hari jadi dan terbit pula KIA-nya," sambungnya.

Untuk semakin mempermudah pengurusan KIA maupun akta kelahiran, Dispendukcapil juga bekerja sama dengan rumah sakit (RS) yang ada di Lamongan.

"Di RS sudah ada aplikasi Paduraksa. Setelah mengisi data bayi dan orang tuanya, otomatis surat kelahirannya keluar, beserta KIA dan KK yang baru," pungkasnya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved