Berita Situbondo

Ubah Image, Pemkab Situbondo Jadikan Dam Sluice ‘Kampung Kelir’

Pemkab Situbondo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan merombak kawasan itu menjadi kampung warna-warni atau Kampung Kelir.

Ubah Image, Pemkab Situbondo Jadikan Dam Sluice ‘Kampung Kelir’
surya.co.id/izi hartono
Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi melakukan kunjungan ke Dam Sluice di Kelurahan Dawuan, Kecamatan Situbondo, Kamis (14/2/2019), yang diproyeksikan menjadi Kampung Kelir. 

SURYA.co.id | SITUBONDO – Ratusan rumah warga di lingkungan Dan Sluice di Kelurahan Dawuan, Kecamatan Situbondo, yang selama ini terkesan kumuh dan tidak menarik, akan berubah.

Ini setelah Pemkab Situbondo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan merombak kawasan itu menjadi kampung warna-warni atau Kampung Kelir.

Pembuatan Kampung Kelir akan difasilitasi Kwarda dan Kwarcab Pramuka Situbondo bersama Dinas PUPR dan Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak).

Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi mengakui selama ini Dam Sluice merupakan lingkungan dengan rumah-rumah yang belum sehat. Sehingga ada rencana merombaknya dengan pengecatan pada awal Maret 2019.

“Dalam pelaksanaannya, akan dilakukan anggota Pramuka di Situbondo. Nanti pemkab yang menyiapkan bahannya," ujar Yoyok di sela kunjungan ke lokasi calon Kampung Kelir.

Dan dengan merangkul PUPR dan LPM Merak, ia berharap areal yang diwarnai bisa lebih luas. Diperkirakan ada sekitar 160 rumah yang akan dicat. Ke depannya, Yoyok berharap Dam Sluice dapat menjadi destinasi wisata.

"Apalagi dekat dengan kota, masyarakat mudah melihatnya," jelasnya.

Dalam pembuatan Kampung Kelir, tidak hanya rumah warga yang akan dicat, tetapi juga saluran Dam Sluice.  

“Bagaimana desainnya, nanti dipikirkan agar tampak menarik. Minimal ada perubahan, yang semula kumuh menjadi bagus,” tandasnya.

Ketua LPM Merak, Kamarul Muniri mengatakan, pihaknya masih merencanakan merehab sembilan rumah warga, dua mushala dan satu MCK. Namun jumlah rumah yang akan direhab kemungkinan bisa bertambah.

Penulis: Izi Hartono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved