Breaking News:

Berita Tuban

Pasar Besar Tuban Mangkrak, Diskoperindag: Pembangunannya Diselesaikan Bertahap

Pasar Besar Tuban akan dilakukan pembangunan secara bertahap karena ada jadwalnya.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: irwan sy
surya/m sudarsono
Kondisi Pasar Besar Tuban yang berada di Kelurahan Mondokan, Jalan Letda Sutjipto, Rabu (13/2/2019). Tampak tiang atau saka dan toko-toko masih mangkrak, belum ada pengerjaan lanjutan 

SURYA.co.id | TUBAN - Pasar Besar Tuban yang berada di Jalan Letda Sutjipto, Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban, masih terlihat mangkrak. Pasar yang dibangun sekitar tahun 2000 itu kini banyak ditumbuhi ilalang, bangunan toko juga tak terawat, bahkan tiang atau saka masih berdiri tegak belum menyatu dengan bangunan.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, mengatakan Pasar Besar Tuban akan dilakukan pembangunan secara bertahap karena ada jadwalnya.

Sebab, Pasar Besar Tuban ini zonanya banyak, ada dari pasar modern, hiburan, dan juga mall. Tapi itu tidak semuanya langsung disetujui, harus ada komunikasi dengan pemilik tanah dalam hal ini Pemkab.

"Akan dibangun secara bertahap, misal pasar tradisional modern dan zona pendukung 2 tahun. Komitmen diselesaikan ada, tapi tidak langsung," Ujar Agus dikonfirmasi Surya, Kamis (14/2/2019).

Dia menjelaskan, pembangunan Pasar Besar Tuban diperkirakan memakan biaya kurang lebih Rp 450 miliar.

Namun itu bukan dana dari APBD, melainkan biaya dari pihak ketiga dalam hal ini PT Hutama Karya (HK)

Nanti setelah beroperasi, pihak HK sistemnya yaitu harus membayar kontribusi tahunan ke Pemkab. Bukan sewa, kalau sewa kecil nilainya.

"Ya nanti HK memberikan biaya kontribusi ke Pemkab, nominalnya belum dibahas. Jika sudah siap saya juga minta HK nanti ada konferensi pers," papar mantan Camat Montong itu.

Ditanya terkait jumlah kios dan pedagang yang sudah beritikad membeli toko pasar, mantan Kasubag Humas dan Protokol Pemkab Tuban itu belum bisa menjawab detail.

Pasalnya, saat ini semua data masih dalam proses verifikasi, masih ada kemungkinan berubah.

"Belum ada data pastinya, masih on progres semua. Perjanjian pastinya ke pemkab terkait kontribusi belum," Bebernya.

Sebelumnya, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan, agar Pasar Besar Tuban bisa dilanjutkan untuk dikerjakan tahun ini setelah ada putusan pengadilan.

Dalam waktu yang dekat pihak Pemkab akan melihat atau mengecek pasar modern BSD, yang ada di Tangerang.

"Harapannya minimal tahun ini bisa dikerjakan, karena sudah lama mangkrak," tandas Bupati.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved