Lapor Cak

Banyak yang Terlanjur Percaya, Kabar Pengurusan SIM Kolektif di Polres Sidoarjo Ternyata Hoax

Kabar mengenai pengurusan SIM kolektif di Satlantas Polresta Sidoarjo ternyata Hoax. Padahal banyak yang terlanjur percaya

Banyak yang Terlanjur Percaya, Kabar Pengurusan SIM Kolektif di Polres Sidoarjo Ternyata Hoax
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Warga menunjukkan kabar adanya SIM Kolektif di Sidoarjo yang ternyata Hoax 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Dua Minggu belakangan banyak beredar informasi adanya pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi) kolektif di Satlantas Polresta Sidoarjo.

Kabar itu beredar masif di berbagai sosial media. Termasuk grup WhatsApp, Facebook, dan sejumlah media sosial.

Pertama yang beredar adalah informasi pengurusan SIM Kolektif tanpa tes yang digelar di GOR Sidoarjo pada 16 Februari 2019.

Dalam selabaran itu tertulis cukup datang dengan membawa KTP, surat keterangan dari desa dan surat kesehatan dari Puskesmas, bisa langsung foto kemudian SIM jadi.

"Saya sempat ditanya beberapa teman terkuat itu. Mereka mengira kabar itu benar, sehingga tertarik untuk ikut," kata Irwan, warga Gedangan, Sidoarjo.

Selang beberapa hari, beredar lagi selebaran serupa melalui sejumlah media sosial. Isinya hampir sama, hanya tanggalnya berbeda. Tertulis pengurusan SIM kolektif digelar 29 Februari 2019.

Kali ini juga dilengkapi tarif. Untuk SIM C Rp 90.000, SIM A Rp 150.000, dan SIM B Rp 190.000.

"Saya kira itu benar, makanya sempat ingin ikut," aku Ardian Yudi, warga Candi, Sidoarjo.

Keluhan serupa juga disampaikan banyak warga. Mereka tanya ke sana kemari karena ingin ikut program SIM kolektif yang terlihat mudah karena hanya tinggal foto saja, tanpa tes.

"Untungnya ada teman polisi, dan saya tanyakan itu. Ternyata tidak ada. Hanya hoaks yang beredar luas," sebut bapak satu anak yang sedang butuh SIM A tersebut.

Ya, beberapa hari terakhir telah terverifikasi bahwa kabar adanya pengurusan SIM Kolektif itu berita bohong alias hoax. Polisi dan beberapa instansi pun sibuk mengklarifikasi kabar itu, melalui media sosial maupun dalam sejumlah kesempatan bertemu warga.

Kendati demikian, sampai sekarang masih saja banyak warga yang menanyakan kabar itu. Mereka seolah belum tahu bahwa kabar tersebut hanya berita bohong.

Hoax SIM Kolektif di Sidoarjo, Polisi Meminta Warga Tak Mudah Percaya Broadcast

Truk Pengangkut Pipa Besi Terguling di Tol Sidoarjo

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved