Berita Surabaya

Seleksi SBMPTN 2019, Unair Pertimbangkan Esai Wawasan Kebangsaan

Isi dari esai siswa yang bersangkutan akan menjadi bahan pertimbangan penilaian

Seleksi SBMPTN 2019, Unair Pertimbangkan Esai Wawasan Kebangsaan
surya/ahmad zaimul haq
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang masih menjadi favorit dipilih calon mahasiswa. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para siswa di kelas XII ataupun lulusan tingkat SMA tahun 2018 bisa menyiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Namun, untuk calon pendaftar di Universitas Airlangga (Unair) perlu memperhatikan hal lain selain nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Rektor Unair, Prof Moh Nasih mengungkapkan untuk jalur SBMPTN selain menggunakan nilai UTBK, pihak kampus juga menerapkan esai wawasan kebangsaan.

"Esai ini harus dibuat, jadi isi dari esai siswa yang bersangkutan akan menjadi bahan pertimbangan penilaian,"tegasnya.

Secara umum,lanjutnya, SBMPTN mempertimbangkan penulisan esai terkait menjaring ideologi pendaftar terkait wawasan kebangsaan juga.

Jadi bisa mendapat manfaat sebanyak-banyaknya untuk Indonesia.

"Tidak selalu nilainya baik akan diterima, kami akan mempertimbangkan wawasan kebangsaan. Kalau terindikasi dari esai itu dia radikal tidak akan kami terima,"urainya.

Ia mengungkapkan sejumlah PTN lain seperti Universitas Indonesia juga sudah menerapkan seleksi menggunakan esai ini, karena SBMPTN tidak murni menggunakan nilai UTBK.

"Setiap perguruan tinggi bisa menilai secara langsung esai ini. Tidak ada persentase berapa persen penilaian esai ini. Tetapi apakah kualitas tulisannya sesuai atau tidak. Karena ini masalah pemikiran, ideologi juga," pungkasnya.

Untuk diketahui, tahun ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan perubahan skema tes untuk jalur SBMPTN.

Tahun ini pendaftar harus melakukan UTBK terlebih dahulu sebelum memilih jurusan.

Dan setiap kampus memiliki sistem seleksi tambahan yang diterapkan.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved