Berita Jombang

Rayakan Imlek, Tionghoa Milenial Ajak Masyarakat Tionghoa Berperan Konkret bagi Kemajuan Bangsa

Puluhan anak milenial Tionghoa Jombang rayakan Imlek dengan cara menggelar diskusi terbuka bertajuk 'Mendengar Suara Tionghoa Milenial di Kota Santri

Rayakan Imlek, Tionghoa Milenial Ajak Masyarakat Tionghoa Berperan Konkret bagi Kemajuan Bangsa
surabaya.tribunnews.com/sutono
Situasi diskusi dalam rangkaian merayakan tahun baru Imlek. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Puluhan anak milenial Tionghoa Jombang merayakan Imlek dengan cara menggelar diskusi terbuka bertajuk 'Mendengar Suara Tionghoa Milenial di Kota Santri', Rabu malam (6/2/2019). 

Berbaju warna merah, mereka secara bergantian menyuarakan suka-duka dan pengalaman hidupnya. Mereka menyuarakan pentingnya penghormatan terhadap sesama dan menghargai keragaman Indonesia, serta berperan kongkret bagi kemajuan daerah.

Anita Cornelia, aktiVis Khonghucu Klenteng Hong San Kion, Gudo, Jombang menyatakan forum ini merupakan yang pertama kali di Jombang.

Tujuannya, mendorong anak-anak muda Tionghoa, khususnya di Kabupaten Jombang untuk lebih berani tampil di publik, menyuarakan gagasan dan pengalaman hidupnya.

"Tidak mudah menjadi Tionghoa. Saya kenyang perlakuan diskriminatif, bahkan pernah menjadi korban kekerasan," kata Joe Sava, aktiVis Jombang Student Interfaith Forum (JSIF).

Mahasiswa Tionghoa jurusan akuntansi di salah satu universitas swasta di Surabaya ini mengaku pernah berkelahi gara-gara membela temannya yang diejek.

Semasa kecil sepedanya pernah dirusak, bahkan dirinya pernah dikencingi.

"Itu semua hanya karena saya keturunan Tionghoa," katanya. Kendati demikian, dia mengajak yang lain tetap aktif bergaul dan tidak minder.

Pengalaman Joe disambut Muliasari Kartikawati, narasumber lainnya. Perempuan muda yang sehari-hari menjadi dosen ini menekankan pentingnya menjaga integritas dan menjadi teladan.

"Kalau kita kritik pemerintah agar tidak korupsi, maka kita juga jangan korupsi. Papa dan engkong saya berpesan seperti itu," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved