Berita Pasuruan

DRPD Kabupaten Pasuruan Bahas Anggaran Keuangan di Hotel Bintang 5 di Surabaya

DRPD Kabupaten Pasuruan Bahas Anggaran Keuangan di Hotel Bintang 5 di Surabaya

DRPD Kabupaten Pasuruan Bahas Anggaran Keuangan di Hotel Bintang 5 di Surabaya
kontan.co.id
Ilustrasi uang 

SURYA.co.id | PASURUAN  - Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran (Timgar) Pemkab Pasuruan mendadak melakukan rapat pembahasan keungan daerah di sebuah hotel mewah dan bintang lima di Surabaya, sejak dua hari lalu.

Rapat ini tak biasanya dilakukan di luar kantor dewan. Bahkan, beberapa kali rapat hanya dilakukan di dalam gedung DPRD Kabupaten Pasuruan yang notabene memiliki fasilitas yang memadai.

Sejumlah anggota dewan yang dihubungi mengaku tidak tahu menahu alasan penyelenggaraan rapat di Hotel JW Marriott tersebut. Mereka mengaku hanya menerima undangan rapat yang digelar pada Senin, 4 Februari 2019 malam.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan, Shobih Asrori, mengaku juga tidak tahu menahu diadakannya rapat kerja di Surabaya. Sebagai anggota Banggar, ia wajib mengikuti pembahasan rapat keuangan daerah tersebut.

“Saya hanya menerima undangan rapat di Surabaya. Saya tidak tahu alasannya rapat Banggar dan Timgar di Surabaya,” kata Shobih Asrori.

Sumber di internal DPRD menyebutkan bahwa rapat banggar ini memang sengaja dilakukan di Surabaya karena ada hal penting yang dibahas.

Salah satunya adalah anggaran dana hibah sebesar Rp 80 miliar yang terancam hangus. Rapat tim keuangan ini untuk menyamakan persepsi tentang pengalihan alokasi anggaran hibah yang sedianya untuk infrastruktur desa.

Anggaran ini ditolak Pemprov Jawa Timur karena erbenturan dengan anggaran dana desa yang dikucurkan dari pemerintah pusat.

“Rp 80 miliar bantuan keuangan tidak bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur desa. Anggaran ini perlu direvisi dan alokasikan untuk kegiatan lain,” ujar sumber di internal DPRD Kabupaten Pasuruan.

Kondisi ini jelas membuat anggota dewan gusar dan was - was. Dana hibah itu sebenarnya titipan para politisi menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) 17 April mendatang. Dana hibah ini yang informasinya menjadi janji para politisi ketika sudah terpilih menjadi dewan lagi.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved