Berita Surabaya

Mengenal Bian Lian, Kesenian Topeng Tradisional Tiongkok, di Perayaan Imlek PTC Surabaya

Merayakan Tahun Baru Imlek 2019, Pakuwon Trade Center (PTC) menampilkan kesenian tradisonal khas Tiongkok yang tidak biasa, yaitu Bian Lian

Mengenal Bian Lian, Kesenian Topeng Tradisional Tiongkok, di Perayaan Imlek PTC Surabaya
TribunJatim.com/Hefty's Suud
Penampilan kesenian Bian Lian oleh Steve Angel dalam Prosperous Lunar Festival di PTC Surabaya, Selasa (5/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Merayakan Tahun Baru Imlek 2019, Pakuwon Trade Center (PTC) menampilkan kesenian tradisonal khas Tiongkok yang tidak biasa, yaitu Bian Lian. Steve Angel adalah seniman yang mementaskan kesenian Bian Lian dalam Prosperous Lunar Festival yang berada di LG Atrium PTC, Selasa (5/2/2019).

Steve mengatakan Bian Lian adalah kesenian mengubah topeng asal Tiongkok yang sangat istimewa. Sebab, pemain Bian Lian wajib memiliki kemampuan mengubah topeng dalam hitungan detik.

"Untuk bisa memainkan topeng-topeng itu, pemain Bian Lian harus mampu bertahan dalam keadaan susah bernafas," Steve menjelaskan.

Lanjutnya, hal tersebut dikarenakan pemain Bian Lian harus memakai beberapa topeng sekaligus dalam satu kali pentas.

Ia menjelaskan, untuk pemain pemula, biasanya menggunakan lima sampai enam topeng. Apabila sudah terbiasa, baru bisa menggunakan 10 sampai 12 topeng.

"Saya saja baru tahun ini pentas pakai 12 topeng. Sebelumnya cuma mampu pakai sepuluh topeng," cerita pria berusia 36 tahun itu.

Steve pun menambahkan, itulah mengapa pemain Bian Lian harus segera pentas saat ia sudah mengenakan kostum.

"Bayangkan saja, rasanya seperti pakai masker rangkap 10. Kalau nunggu pentasnya lama kan otomatis semakin lama juga susah bernafas," ujar Steve.

Selain itu, menurut Steve, kesenian Bian Lian termasuk jenis kesenian yang mahal. Sebab untuk memiliki kostumnya saja, perlu merogoh kocek mulai Rp 38 juta.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved