Berita Sidoarjo

Ibu-ibu di Sidoarjo Senang Bisa Budidaya Hidroponik di Rumah

Sejumlah ibu di Sidoarjo mengaku senang bisa budidaya tanaman hidroponik. Selain bagus untuk menghiasi halaman rumah, juga banyak manfaatnya.

Ibu-ibu di Sidoarjo Senang Bisa Budidaya Hidroponik di Rumah
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Ibu-ibu saat pelatihan Hidroponik di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sejumlah ibu di Sidoarjo mengaku senang bisa budidaya tanaman hidroponik. Selain bagus untuk menghiasi halaman rumah, budidaya hidroponik juga banyak manfaatnya.

"Jika ditanami sayuran, kan bisa untuk dikonsumsi bersama keluarga. Lumayan, tidak perlu beli sayuran di pasar," ujar beberapa ibu di sela mengikuti pelatihan Hidroponik di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Warga menilai budidaya hidroponik sebagai hal positif untuk terus dikembangkan. Utamanya di lingkungan masyarakat desa seperti Desa Kalidawir.

"Harapannya ke depan dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah. Yang kemudian, tanaman itu juga bisa bermanfaat," ujar Siti Rokhilah, seorang ibu asal Desa Kalidawir di acara tersebut.

Harapan serupa juga disampaikan Ketua PKK Desa Kalidawir, Rina Handayani. Pihaknya berharap, warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik.

"Kami juga berterimakasih kepada pihak-pihak yang mengadakan acara ini. Semua pelatihan dan sebagainya yang diberikan ke warga, bisa benar-benar bermanfaat," sambung Rina.

Acara tersebut digelar oleh Komunitas Sidoarjo Positif bekerjasama dengan Lapindo Brantas. Pelatihan semacam ini sudah sekian kali digelar oleh komunitas pemuda itu.

Menurut Koordinator Sidoarjo Positif, Vanda Ika, pelatihan ini menjadi rangkaian dari kegiatan budidaya hidroponik di beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas di Sidoarjo.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan warga Desa Kalidawir dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi. Dan kedepannya, semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian keluarga maupun desa," urai Vanda.

Melalui program hidroponik, warga bisa bercocok tanam di lahan terbatas. Sekedar memanfaatkan halaman rumah, atau bahkan sekedar di teras rumah saja.

Bertajuk tema "Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Pra Panen Hidroponik" kegiatan ini juga menghadirkan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pemateri.

Afandi, pemateri di acara pelatihan lanjutan ini memfokuskan pada praktek menata tanaman ke alat KIT Hidroponik yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan.

"Di sesi pertama kami fokus di teori, sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal," ucapnya.

Hal serupa dengan pelatihan selanjutnya juga bakal ada materi-materi lain yang terus berlanjut hingga panen hidroponik siap dilakukan di Desa Kalidawir.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved