Breaking News:

Berita Surabaya

Wali Kota Probolinggo Keluhkan Tol Trans Jawa Turunkan Omzet UMKM Lokal, Ini yang akan Dilakukan

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal, menyebut para pelaku UMKM di kotanya mengeluhkan penurunan omzet penjualan akibat adanya Tol Trans Jawa

Editor: irwan sy
TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra Sakti
Wali Kota Probolinggo Masa Jabatan 2019-2024, Habib Hadi Zainal, usai dilantik di Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (30/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal, menyebut para pelaku UMKM di kotanya mengeluhkan penurunan omzet penjualan akibat adanya Tol Trans Jawa yang melintasi Kota Probolinggo.

Bahkan, penurunan omzet penjualan produk UMKM di Kota Probolinggo itu mencapai 40 persen saat tol di Kota Probolinggo dibuka. Hadi mengatakan orang yang melintas di Kota Probolinggo ini sekarang akan memilih lewat jalur tol, sehingga tak mampir ke tempat pelaku UMKM.

"Kota Probolinggo tak lagi jadi kota transit. Adanya tol Ini dampaknya lumayan besar, apalagi jika tol ini benar-benar sudah terwujud sampai Banyuwangi. Masyarakat yang bepergian inginnya cuma cepat sampai tujuan dan tidak transit-transit, apalagi berhenti di Kota Probolinggo," kata Hadi, usai dilantik Gubernur Jatim, Soekarwo sebagai Wali Kota Probolinggo di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (30/1/2019).

Untuk itu, Hadi yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kota Probolinggo ini akan membuat satu terobosan pada sektor wisata dengan harapan masyarakat akan masuk ke Kota Probolinggo.

"Jadi nanti bukan hanya sebagai transit saat perjalanan, tapi dengan destinasi wisata ini Kota Probolinggo akan menjadi rujukan masyarakat," ujarnya.

Walaupun mengkritisi pembangunan tol yang dibangun pemerintahan Jokowi, Habib Hadi mengatakan untuk Pilpres 2019, ia tetap mendukung Paslon Capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Sebagai orang partai itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Kami ikuti aturan KPU dan Bawaslu sebagai wali kota, dan yang pasti dukungan ini tidak mengurangi amanah yang kami terima dari masyarakat," lanjutnya.

Sebagai contohnya, Habib Hadi siap mengajukan cuti terlebih dahulu jika akan berkampanye untuk Jokowi-Ma'ruf Amin.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved