Berita Rilis

Mendagri Tjahjo Kumolo Tegaskan Satpol PP harus Netral Jaga Tramtibum pada Pemilu 2019

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, meminta kepada jajaran Satpol PP menjaga netralitas dalam Pemilu Serentak 2019.

Mendagri  Tjahjo Kumolo Tegaskan Satpol PP harus Netral Jaga Tramtibum pada Pemilu 2019
foto: istimewa
Mendagri Tjahjo Kumolo saat menutup Acara Rakornas Satpol PP dan Satlinmas dalam Penyelenggaraan Trantibumlinmas untuk Mendukung Pemilu Serentak 2019 di Hotel Mercure Ancol, Rabu (30/1/2019). 

SURYA.co.id | JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, meminta kepada jajaran Satpol PP yang merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas dalam Pemilu Serentak 2019.

Hal tersebut ditegaskan Mendagri Tjahjo Kumolo saat menutup Acara Rakornas Satpol PP dan Satlinmas dalam Penyelenggaraan Trantibumlinmas untuk Mendukung Pemilu Serentak 2019, di Hotel Mercure Ancol, Rabu (30/1/2019).

Menurut Mendagri jajaran Satpol PP wajib menyukseskan Pemilu 2019, namun tidak boleh ikut kampanye ataupun mengikuti kegiatan mendukung salah satu pasangan calon presiden/wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“ASN harus netral termasuk jajaran Satpol PP melaksanakan perintah Bapak Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota secara tegak lurus dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan pembangunan di daerah," ujarnya.

"Perhelatan Pemilu 2019 adalah pesta demokrasi dan pendidikan politik bangsa, mari kita sukseskan bersama dengan menjalankan tugasnya mengamankan Pemilu di daerahnya masing-masing dengan tetap berpegang teguh menjaga netralitas," imbuhnya.

Pemerintah dan pemerintah daerah serta kesiapsiagaan dari aparat keamanan, termasuk jajaran Satpol PP mengantisipasi berbagai macam potensi kerawanan Pemilu. Adapun kerawanan yang perlu diwaspadai dalam menghadapi Pemilu 2019 antara lain terkait keamanan, netralitas ASN, isu SARA dan politik uang.

" Salah satu kerawanan yang perlu diantisipasi, terkait Netralitas ASN, yakni dalam bentuk keberpihakan, intervensi dan intimidasi. Salah satu prinsip dasar dalam penyelenggaraan manajemen ASN adalah “netralitas”, artinya setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk", tegas Tjahjo

Tahapan Pemilu menjadi sangat penting bagi kita semua, terutama bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum, ketenteraman
masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat secara signifikan.

Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang mungkin terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini.

"Mari kawal Pemilu Serentak 2019, jaga keamanan, ketenteraman, dan ketertiban di daerahnya masing-masing. Dan jangan lupa lawan racun demokrasi, yaitu politik uang, ujaran kebencian, fitnah berita bohong, hoax, politisasi Sara", pungkasnya. (*)

Penulis: Doso Priyanto
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved