Breaking News:

Berita Tuban

Tak Hanya di Mojokerto, Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Sejumlah Masjid di Tuban

Jelang pemilu, sebuah media cetak bernama Tabloid Indonesia Barokah berisi muatan politik mulai beredar di sejumlah masjid di Kabupaten Tuban

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Cak Sur
SURYA.co.id/M. Sudarsono
Komisioner Bawaslu Tuban menunjukkan temuan tabloid Indonesia barokah yang ditengarai bermuatan politis di momen Pemilu 2019 

SURYA.co.id | TUBAN - Sebuah media cetak bernama Tabloid Indonesia Barokah berisi muatan politik mulai beredar di sejumlah masjid di Kabupaten Tuban, menjelang tahun pemilu 2019.

Sebelumnya tabloid itu telah menyebar di beberapa daerah, di antaranya Jateng, Jabar, dan Banyuwangi.

Beredar Tabloid Indonesia Barokah di Sejumlah Ponpes, Bawaslu Mojokerto Bentuk Tim Khusus

Bawaslu Tuban langsung menindaklanjuti adanya temuan tabloid yang berpotensi meresahkan masyarakat tersebut.

Setidaknya sebanyak 158 paket amplop coklat yang berisi tabloid Indonesia Barokah disebar di beberapa masjid yang ada di Kabupaten Tuban.

"Tabloit Barokah dikirim ke tiap-tiap takmir masjid dan pondok pesanteran yang ada di Kabupaten Tuban," Kata Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Tuban, Ulil Abror Al Mahmud, Sabtu (26/1/2019).

Ulil melanjutkan, tabloid yang disebar di sejumlah masjid di kecamatan itu langsung diamankan oleh anggota Panwascam, lalu dikordinasikan dengan Bawaslu.

Diamankannya tabloid tersebut juga atas perintah Bawaslu Jatim. Sebab, materi tabloid sarat berisi muatan unsur provokatif, ujaran kebencian, dan black campaign pada pemilu tahun ini. 

"Kita sudah koordinasi dengan kepolisian untuk melakukan investigasi terkait penyebaran tabloid tersebut, dan persoalan itu masih dikaji atau didalami," Beber Ulil Abror.

Data sementara ada sebanyak 158 paket amplop yang setiap amplop berisi 3 eksemplar tabloid Indonesia Barokah.

Masing-masing amplop tersebut dikirim oleh redaksi tabloid indonesia barokah yang beralamat di Pondok Melati, Bekasi. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved