Berita Sidoarjo

BPN Bagikan 60.000 Sertifikat Tanah Program PTSL di Sidoarjo

Sebanyak 60.000 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dibagikan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo

BPN Bagikan 60.000 Sertifikat Tanah Program PTSL di Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, menyerahkan sertifikat tanah ke salah satu warga. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebanyak 60.000 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dibagikan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo, Jumat (25/1/2019) sore.

Sertifikat sebanyak ini merupakan hasil program PTSL tahun 2018. Secara simbolis, sertifikat itu diserahkan oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan BPN Sidoarjo di Pendopo Sidoarjo.

Menurutnya, dengan adanya sertifikat, status kepemilikan tanah lebih kuat di mata hukum. "Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah di kemudian hari," katanya.

Saiful Ilah meminta masyarakat menjaga dengan baik sertifikat tanahnya. "Sertifikat merupakan barang berharga yang bisa digunakan aksi untuk jaminan pinjam modal atau sebagainya. Tapi jangan sembarang diserahkan ke orang, khawatir jadi masalah di kemudian hari," lanjutnya.

Sementara menurut Kepala BPN Sidoarjo, Humaidi, sebanyak 60.000 bidang tanah yang terbit sertifikat tersebut tersebar di 39 desa yang berada di 9 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah penyerahan tahap pertama sertifikat PTSL tahun 2018. "Ada 117 sertifikat tanah yang diserahkan pada tahap pertama kali ini. Penyerahan selanjutnya akan dilakukan di masing-masing desa program PTSL," terangnya.

Selain sertifikat tanah milik warga, dalam program kali ini juga ada sertifikat tanah mikik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebanyak 16 bidang.

Selain itu, BPN juga menerbitkan sertifikat tanah kas desa aset Pemerintah Desa Singopadu, Desa Kajeksan, Desa Kemantren, Desa Grogol, Desa Grinting serta Desa Medalem yang semua berada di Kecamatan Tulangan.

"Jumlahnya ada 186 sertifikat. Ada empat sertifikat tanah untuk rel kereta api juga diserahkan kepada Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Timur dalam kesempatan kali ini," tambah dia.

Tak hanya itu, BPN juga menerbitkan sertifikat tanah yang dipergunakan untuk jalan nasional sebanyak 3 bidang. Ini diserahkan kepada Balai Besar Jalan Nasional 8 Surabaya.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved