Pilpres 2019

Banyak Relawan di Pilpres 2019, Mochtar W Oetomo : Lebih Efektif dan Tak Terbatasi Aturan

Relawan itu begitu banyak bermunculan dan saling unjuk gerakan dan banyaknya massa pendukung paslon.

Banyak Relawan di Pilpres 2019, Mochtar W Oetomo : Lebih Efektif dan Tak Terbatasi Aturan
surya/ahmad zaimul haq
Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura Mochtar W Oetomo 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dalam Pilpres 2019, masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden memiliki banyak relawan pendukung dari elemen masyarakat.

Relawan itu begitu banyak bermunculan dan saling unjuk gerakan dan banyaknya massa pendukung paslon.

Sebut saja untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf ada relawan Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN), JokMa, Bravos, Bara JP, dan banyak elemen relawan lain.

Begitu juga untuk pasangan Prabowo - Sandiaga Uno. Sejumlah relawan pendukung yang muncul seperti Padi, Lora Madura, GMI, dan sejumlah kelompok relawan yang lain.

Namun efektifkah gerakan relawan untuk pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden?

Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura Mochtar W Oetomo mengatakan adanya barisan relawan dalam setiap kontestasi politik termasuk Pilpres adalah hal yang lazim.

"Begitu besarnya jumlah pemilih, begitu beragamnya segmen pemilih dan begitu kompleksnya sikap dan perilaku pemilih tentu saja tidak mgkn bisa dijangkau semua oleh struktur timses resmi yang kinerjanya biasanya dibatasi jobdesc, timeline dan berbagai aturan dan batasan yang lain," kata Mochtar pada SURYA.co.id, Kamis (24/1/2019).

Karakter relawan yang lebih cair dan segmented tentu menurut Mochtar bisa menjadi alternatif uuntuk menembus keterbatasan timses tersebut. Khususnya menjangkau heterogenitas pemilih dalam berbagai domain dan level.

Dalam banyak kasus dan momentum keberadaan relawan ini menurut pria yang juga Direktur SSC ini terbukti jauh lebih efektif dalam ruang gerak dan ruang edar.

Dan justru salah satu keunggulan relawan ini adalah keleluasaannya dalam penggalangan dan pemanfaatan dana kampanye.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved