Berita Jember

Empat Warga Jember Dapat Penghargaan Presiden Karena Sering Donor Darah

Empat warga Jember mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi karena kebiasaan mereka melakukan donor darah.

Empat Warga Jember Dapat Penghargaan Presiden Karena Sering Donor Darah
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Wabup Jember, Abdul Muqit Arief (ketiga dari kiri) bersama pendonor darah yang akan berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Presiden Jokowi. 

SURYA.co.id | JEMBER - Empat orang pendonor darah asal Kabupaten Jember termasuk dalam daftar penerima penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial tahun 2019 dari Presiden Joko Widodo. 

Wakil Bupati Jember, Abdul Muqit Arief melepas keberangkatan keempat orang pendonor itu ke Jakarta dari ruang lobi bupati di Kantor Pemkab Jember, Jumat (18/1/2019).

Keempat orang itu mendapatkan penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial karena sudah lebih dari 100 kali berdonor darah.

Keempat orang itu adalah HM Edy Susilo, warga Perumahan Taman Gading, Kecamatan Kaliwates; Giri Pramudya, warga Perum Griya Tanggul Asri, Kecamatan Tanggul; Bambang Hariyono, warga Jl Letjen Suprapto XII,  Kebonsari, Kecamatan Sumbersari; dan Suhardi, warga Perum Bumi Mangli Permai, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Kepada empat orang tersebut, Wabup Muqit mengungkapkan keyakinannya, empat pendonor darah itu mendonorkan darahnya karena panggilan kemanusiaan, bukan karena mengharap penghargaan.

"Empat orang yang berangkat ke Jakarta ini bisa menginspirasi banyak pihak, betapa pentingnya kita peduli kepada sesama," ungkap Muqit.

BREAKING NEWS - Pemancing Jatuh dan Tenggelam di Kali Jagir Wonokromo

Pencuri Motor di Tuban Bersimpuh di Kaki Korbannya Sambil Menangis dan Meminta Maaf

Satyalencana Kebaktian Sosial diberikan pemerintah pusat kepada pendonor darah yang telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali secara sukarela.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jember, Wabup Jember mengucapkan selamat atas penghargaan yang akan diberikan oleh presiden.

Sementara itu, Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki mengatakan, setiap tahun, Jember memiliki pendonor yang mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali. Karenanya, setiap tahun, PMI Jember selalu mengirimkan pendonor untuk menerima Satyalencana Kebaktian Sosial tersebut.

"Jember sendiri telah beperan selama 10 tahun belakangan ini. Kegiatan ini setiap tahun berjalan rutin. Dari Jember ada tiap tahun yang dikirim, karena kesadaran masyarakat Jember terhadap pentingnya menyumbangkan darah dan manfaatnya bagi pendonor darah," kata Zaenal.

Zaenal menambahkan, pendonor darah di Kabupaten Jember telah meningkat hingga 20 persen selama satu tahun terakhir.

Peningkatan ini membuktikan percayanya masyarakat kepada PMI, serta masyarakat yang sudah memahami betapa pentingnya donor darah bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved