Berita Jombang

Dindik Jombang Klaim Seluruh SMP Negeri dan Swasta Siap Gelar UNBK 2019

Dindik Jombang klaim seluruh SMP negeri dan swasta siap menggelar UNBK 2019.

Dindik Jombang Klaim Seluruh SMP Negeri dan Swasta Siap Gelar UNBK 2019
surya/samsul hadi
ilustrasi UNBK 

SURYA.co.id | JOMBANG - Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang, baik swasta maupun negeri, tahun ini dipastikan siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jombang, Budi Nugroho, kepada Surya.co.id, Selasa (15/01/19).

Budi mengklaim secara perangkat, seluruh persiapan sudah matang. Bahkan, lanjutnya, sudah ada sekolah yang melakukan uji coba dengan mengundang siswa sebuah SD untuk melaksanakan uji coba melaksanakan ujian dengan komputer di SMP mereka

"Untuk UNBK tahun ini 100 persen sudah siap. Tidak ada kendala," kata Budi.

Berdasarkan data di Dindik, di Jombang total terdapat 178 SMP. Terdiri dari ada 48 SMP Negeri dan 130 SMP swasta.

Budi menjelaskan, beberapa syarat untuk bisa menggelar UNBK yang utama tersedianya minimal tersedia komputer sejumlah sepertiga dari jumlah peserta UN yang ada di sekolah tersebut.

"Tahun 2018 kemarin hanya 45 persen SMP yang sanggup menggelar UNBK. Sisanya belum memenuhi syarat karena minimnya sarana dan prasarana," terang Budi.

Menurut Budi, dalam pelaksanaan UNBK di Jombang ini, ada beberapa Sekolah yang tetap melakukan kerjasama dengan beberapa SMK agar bisa menggelar UNBK.

Sedangkan bagi SMP swasta yang memiliki jumlah siswa minim, akan digabung SMP terdekat.

"Aturanya untuk SMP ke SMP, paket B ke SMP, paket C ke SMA. Malah yang kesetaraan ini sudah UNBK semua," terang mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jombang ini.

Penulis: Sutono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved