Pendaftaran PPPK 2019 Akan Dibuka Khusus 3 Bidang Ini, Diprioritaskan Bagi Tenaga Honorer

Pemerintah segera membuka pendaftaran PPPK 2019 dalam waktu dekat, dan hanya dikhususkan untuk 3 bidang saja

Pendaftaran PPPK 2019 Akan Dibuka Khusus 3 Bidang Ini, Diprioritaskan Bagi Tenaga Honorer
SURYAOnline/hanif mansyuri
Pendaftaran PPPK 2019 Akan Dibuka Khusus 3 Bidang Ini 

SURYA.co.id - Pemerintah segera membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019 dalam waktu dekat, dan hanya dikhususkan untuk 3 bidang saja.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pendaftaran PPPK 2019 yang pertama ini adalah rekrutmen tahap awal, di mana yang akan diserap adalah tenaga di bidang pendidikan, kesehatan dan penyuluh pertanian.

"Tiga sektor itu dulu yang akan dibuka. Karena yang banyak dibutuhkan pada sektor itu ya. Sisanya nanti setelah Pemilu," ujar Bima saat dijumpai di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Bima juga memastikan, pendaftaran PPPK 2019 pada tiga sektor itu diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di sana.

Tujuannya, agar proses adaptasi terhadap kinerja mereka tidak berlangsung lama.

"Di pendidikan misalnya, kami akan mendahulukan orang-orang yang sudah bekerja di sekolah. Kami ini akan berkoordinasi dengan Mendikbud. Apakah dia honorer K2 atau bukan kan kami enggak tahu. Lalu di kesehatan, mereka yang sudah bekerja di sana, akan diprioritaskan," ujar Bima.

UPDATE Link Pengumuman Hasil Akhir CPNS 2018 Kemenkumham, Mahkamah Agung, dan 47 Instansi Lainnya

Namun, Bima mengakui bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi hingga saat ini belum menentukan formasi dan kuota rekrutmen PPPK ini.

Kementerian PAN-RB masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengetahui kondisi finansial masing-masing daerah mengenai kesanggupan membiayai PPPK.

"Ya sambil dilihat apakah daerah mempunyai alokasi belanja pegawai yang masih ada. Nanti kalau banyak yang diterima tapi enggak bisa dibayar bagaimana? Daerah kan juga harus siap," ujar Bima.

Sebelumnya, Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN RB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan bahwa jadwal rekrutmen P3K untuk tenaga honorer menurut rencana akan terbagi menjadi dua fase.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved