Berita Bojonegoro

Beredar Kabar Tahanan Kabur, Begini Klarifikasi Kepala Lapas Bojonegoro

Kepala Lapas Bojonegoro, Bambang Haryono, membantah kabar tahanan kabur itu.

Beredar Kabar Tahanan Kabur, Begini Klarifikasi Kepala Lapas Bojonegoro
net
ilustrasi tahanan kabur 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Seorang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro dikabarkan kabur. Tahanan kabur bernama Sunan (59) Warga Jalan Sumpil 1, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, itu dikabarkan kabur setelah mendapat penangguhan penahanan karena sakit.

Kepala Lapas Bojonegoro, Bambang Haryono, membantah kabar tahanan kabur itu. Bambang menyebut tahanan itu saat diberikan penangguhan karena saat sedang melakukan senam bersama pada Jumat, 21 Desember 2018 pagi, tiba-tiba tahanan kasus pengeroyokan terjatuh dan kepalanya terbentur lantai hingga tak sadarkan diri.

Tahanan yang dijerat Pasal 170 KUHP itu dalam kondisi sakit (stroke) yang bersifat darurat, sehingga poliklinik lapas sudah tidak bisa menangani, dan harus dirawat di RSUD Bojonegoro.

"Setengah jam dirawat di poliklinik tapi tidak siuman, jadi dilakukan pembantaran atau penangguhan. Bukan kabur,” ujarnya, Selasa (8/1/2019).

Pihak Lapas merasa khawatir, jika nanti terjadi apa-apa. Sunan akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo untuk mendapatkan perawatan medis.

Menurut Bambang, mengenai status Sunan masih menjadi tahanan Pengadilan Negeri Bojonegoro, karena proses putusan hukum belum dilakukan.

“Karena statusnya sendiri masih titipan (tahanan), jadi kami lakukan pembantaran. Kalau tidak kami tolong nanti kami yang salah, saat ini tahanan juga sudah di Lapas,” ungkapnya.

Pembantaran yang diberikan kepada Sunan karena tahanan tersebut sakit kurang lebih satu bulan di blok tahanan B, bersama dengan 128 orang nara pidana lain.

Pembantaran itu dilakukan setelah mendapat izin dari Jasa Penuntut Umum dan Hakim Pengadilan Negeri Bojonegoro.

"Pembantaran sudah dapat izin dari JPU dan hakim PN, jadi bukan kabur,” pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved