Breaking News:

Berita Pasuruan

Tiga Bantuan Sumur Bor Kementerian ESDM Layani Air Bersih untuk 6.000 Jiwa di Kabupaten Pasuruan

Untuk tahun ini, pihaknya memasang 508 sumur bor di 179 kabupaten seluruh Indonesia, dan salah satunya di Pasuruan.

surya/galih lintartika
Perwakilan Kementerian ESDM bersama Wabup Pasuruan KH Mujib Imron meninjau lokasi sumur bor dan bak penampungan dari hasil bantuan Kementerian ESDM. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mengucurkan bantuan sumur bor untuk mencukupi kebutuhan air bersih di masyarakat.

Kali ini, Kementerian ESDM memberikan bantuan sumur bor di tiga titik di kawasan Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Senin (7/1/2019) sore.

Acara penerimaan bantuan ini diberikan langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Wakhid Hasyim ke Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron.

Ada tiga unit yang dibangun tahun 2018 ini di Pasuruan, yakni di Desa Ngabar, Desa Ngempit, dan Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton.

Selama ini, ketiga kawasan itu sering kesulitan mendapatkan air bersih.

Bantuan ini diberikan dengan spesifikasi dibor dengan kedalaman 125 meter, debit 1,5 liter / detik, pompa memiliki kekuatan 3 PK, bak penampungan air berkapasitas 5.000 liter, dan diperkirakan setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.160 jiwa.

Jika ditotal, bantuan ini bisa melayani 6.480 jiwa di tiga titik tersebut.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Minerqlz Wakhid Hasyim menjelaskan, bantuan ini merupakan komitmen nyata Kementerian bersama Pemkab, dan wakil rakyat untuk selalu pro terhadap kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya, kata dia, yakni dengan pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam.

Ia menyebut, ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Untuk tahun ini, pihaknya memasang 508 sumur bor di 179 kabupaten seluruh Indonesia, dan salah satunya di Pasuruan.

"Program ini sebenarnya sudah lama, dan tiap tahun kami tambah jumlahnya. Jika ditotal, sejak tahun 2005 - 2018 ada 2.290 sumur, untuk 6,6 juta jiwa. Harapan kami persoalan kesulitan air bersih bisa teratasi dengan bantuan sumur bor ini," katanya.

Sementara itu, Wabup Pasuruan KH Mujib Imron menambahkan, mudah-mudahan bantuan ini menjadi berkah dan barokah untuk semua.

Ia berharap, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat ini.

"Kami akan terus mengusulkan bantuan ke pemerintah pusat, khususnya untuk penyediaan air bersih. Mudah - mudahan kebutuhan air untuk masyarakat Pasuruan bisa terpenuhi, dan menjadikan masyarakat Pasuruan maslahat dan tidak kekurangan air," pungkas dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved