Berita Sidoarjo

DPRD Sidoarjo Nilai Pemkab Melanggar Kesepakatan Soal Pembangunan RS di Krian

"Pembahasan selama empat bulan antara Banggar dan Tim Anggaran dari eksekutif pun menjadi sia-sia kalau begitu," timpal Bangun Winarso

surya/miftah faridl
Tarkit Erdianto 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Akhir November tahun 2018 lalu DPRD dan Pemkab Sidoarjo telah sepakat bahwa pembangunan rumah sakit di Krian didanai APBD. Kesepakatan itu tertuang dalam dokumen 2019 yang sudah digedok, bahkan telah menjadi Perda.

Namun ternyata, Pemkab Sidoarjo kembali mengajukan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam rencana pembangunan RSUD Sidoarjo Barat tersebut.

Tindakan inipun dinilai melanggar kesepakatan. Akibatnya, gonjang-ganjing terkait rencana pembangunan rumah sakit itupun kembali menghangat. Sama seperti sebelum pembahasan APBD 2019 lalu, antara pembangunan dengan uang APBD atau lewat KPBU.

"Kami sangat menyayangkan (pengajuan kembali skema KPBU) itu. Sudah ditetapkan didanai APBD, kok diajukan lewat KPBU lagi," kata Anggota Badan Anggaran DPRD Sidoarjo Tarkit Erdianto.

Melihat itu, Ketua Fraksi PDIP inipun mempertanyakan keseriusan Pemkab Sidoarjo dalam pembangunan rumah sakit tersebut. Karena semua yang sudah direncanakan matang, mendadak diusulkan berubah lagi.

"Pembahasan selama empat bulan antara Banggar dan Tim Anggaran dari eksekutif pun menjadi sia-sia kalau begitu," timpal Bangun Winarso, Anggota Komisi D yang juga anggota Banggar DPRD Sidoarjo.

APBD yang sudah ditetapkan, lanjut dia, harusnya segera dijalankan. Itu wajib karena nota keuangan itu bukan sebatas perincian penggunaan anggaran, tapi sudah menjadi perda.

"Tidak mudah untuk menggugurkan Perda. Dan jika dipaksakan, fraksi-fraksi di Dewan juga bakal kembali menolak (skema KPBU) itu," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN tersebut.

Seperti saat tahun lalu skema KPBU diajukan Pemkab, ada empat fraksi yang menyatakan menolak. Yakni Fraksi PDIP, PAN, PKS-Nasdem, dan Golkar Bintang Persatuan.

Semua fraksi itu sepakat pembangunan RSUD Barat menggunakan APBD. Dan satu-satunya yang setuju dengan skema KPBU untuk RSUD Sidoarjo Barat adalah fraksi PKB.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved