Berita Surabaya

Alasan Armuji Larang Pemkot Surabaya Tambah Tenaga Khusus untuk Urus Dana Kelurahan

Alasan Armuji Larang Pemkot Surabaya Tambah Tenaga Khusus untuk Urus Dana Kelurahan

Alasan Armuji Larang Pemkot Surabaya Tambah Tenaga Khusus untuk Urus Dana Kelurahan
Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Armuji, Ketua DPRD Kota Surabaya. Alasan Armuji Larang Pemkot Surabaya Tambah Tenaga Khusus untuk Urus Dana Kelurahan 

SURYA.co.id |SURABAYA - Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji melarang Pemkot setempat yang berniat merekrut tenaga khusus untuk menangani pemberkasan dana kelurahan dari pemerintah pusat pada 2019 ini.

"Tak usah merekrut tenaga baru lagi. Anggaran tahun 2019 sudah digedok, tak ada slot untuk anggaran tambah tenaga baru. Yang ada saja dimaksimalkan," kata Armuji pada Surya.co.id, Senin (7/1/2018).

Untuk itu ia mendukung Pemkot Surabaya yang berencana memberikan training dan juga pelatihan administratif pembekalan untuk mengelola dana kekurahan.

Dengan begitu sumber daya yang ada bisa dimaksimalkan tapi dengan pembekalan yang matang agar tidak ada pegawai Pemkot Surabaya yang tersandung masalah hukum karena dana kelurahan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa dana kelurahan dari APBN dipastikan akan turun di tahun 2019 ini. Untuk waktunya masih belum diketahui. Namun ia meminta agar semua disiapkan sejak saat ini.

"Karena kan baru pertama, maka pembekalan mengurus administrasi, laporan dana kelurahan harus benar disosialisasikan, agar tidak ada yang sampai kena kasus hanya karena salah adiministrasi," tambahnya.

Tidak hanya itu, musrenbang Kota Surabaya harus tetap dilakukan. Dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di wilayahnya agar dana kelurahan bisa dipergunakan secara tepat guna.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kota Surabaya bakal mendapatkan dana kelurahan sebesar Rp 450 miliar. Angka itu diperoleh dari dana APBD Kota Surabaya dikurangi dana alokasi khusus dan dikalikan 5 persen. Dana itu yang akan dicairkan dan disalurkan ke kelurahan kelurahan yang ada di Surabaya.

Pemkot Surabaya menyiapkan training untuk para lurah dan juga para pegawai di kelurahan untuk laporan dan adminitrasi jelang pencairan dana kelurahan dari pusat.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved