Breaking News:

Berita Gresik

Kembalikan Uang Korupsi, Jaksa Tuntut Ringan Kades Segoromadu Gresik

Dalam perkara ini, terdakwa mengembalikan semua kerugian negara yang telah dikorupsi, sehingga jaksa menerapkan tuntutan ringan.

Penulis: Sugiyono | Editor: irwan sy
surya/sugiyono
Terdakwa Samsul Huda, Kepala Desa (Kades) Segoromadu, Kecamatan Kebomas, saat dibawa ke mobil tahanan Kejari Gresik menuju rumah tahanan, Kamis (11/10/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Terdakwa Samsul Huda (48), Kepala Desa (Kades) Segoromadu, Kecamatan Kebomas, dituntut hukuman oleh jaksa penuntut umum (JPU) dengan hukuman penjara selama 1 tahun 3 bulan dan denda sebesar Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan. Terdakwa juga diwajibkan membayar uang pengganti hasil korupsi sebesar Rp 244,494.751

Sidang dengan agenda tuntutan di PN Tipikor Surabaya, jaksa Iswara menilai bahwa terdakwa Samsul Huda telah melakukan tindak pidana korupsi dengan cara mark up uang pembangunan fisik yang berasal dari ADD tahun 2017.

"Terdakwa melanggar Undang-Undang Nomor 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 1 tahun 3 bulan dan denda 50 juta subsidair 2 bulan," kata Iswara, kepada wartawan di Kantor Kejari Gresik, Jumat (4/1/2019).

Dalam perkara ini, terdakwa mengembalikan semua kerugian negara yang telah dikorupsi, sehingga jaksa menerapkan tuntutan ringan.

Sidang dengan Majelis Hakim yang diketuai Wiwin Arodawanti akhirnya ditunda minggu depan dengan agenda peldoi.

"Minggu depan sidang dengan agenda pledoi," imbuhnya.

Diketahui, Kades Segoromadu Kecamatan Kebomas didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dana ADD tahun 2017 sebesar Rp 244.494.751 dari total anggaran desa sebesar Rp 820 juta.

Dari 11 proyek pembangunan desa Segoromadu yang di markup oleh terdakwa. Salah satunya pembangunan drainese, jalan poros desa, dari total anggaran Rp 94 juta, terdakwa mark up sebesar Rp 74 juta.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved