Pilpres 2019

Inilah Jumlah Sumbangan ke Paslon Prabowo Subianto–Sandiaga Uno dan Jokowi - KH Ma’ruf Amin di Jatim

Inilah Jumlah Sumbangan ke Paslon Prabowo Subianto–Sandiaga Uno dan Jokowi - KH Ma’ruf Amin di Jatim

Inilah Jumlah Sumbangan ke Paslon Prabowo Subianto–Sandiaga Uno dan Jokowi - KH Ma’ruf Amin di Jatim
Tribunnews.com
Jokowi dan Prabowo Subianto dalam suatu kesempatan. Inilah Jumlah Sumbangan ke Paslon Prabowo Subianto–Sandiaga Uno dan Jokowi - KH Ma’ruf Amin di Jatim 

SURYA.co.id, SURABAYA – Kedua Tim Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden telah memberikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur.

Dari laporan itu terungkap bahwa jumlah sumbangan kepada Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, lebih besar dibanding sumbangan kepada Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.

Mengutip daya yang didapat dari KPU Jatim, Kamis (3/1/2019), Prabowo-Sandi mendapat sumbangan sekitar Rp292 juta. Sedangkan Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat sekitar Rp150 juta.

Selain dari sisi jumlah, perbedaaan sumbangan juga terlihat dari asal sumbangan keduanya. Sumber pasangan Prabowo-Sandi hanya berasal dari Partai Gerindra, sebagai partai pengusung capres ini.

Sumbangan dari Partai Gerindra terbagi menjadi tiga unit. Yakni, akomodasi dan konsumsi rapat tim (Rp33,5 juta), paket event hari santri (Rp183,5 juta), dan baliho (75 juta). Selain Gerindra, dalam data tersebut belum terlihat sumbangan dari parpol yang lain.

Sedangkan untuk paslon Jokowi-Ma’ruf Amin, sumbangan berasal dari perseorangan atas nama Nimas Ayu Lesmani Putri. Tak tanggung, Nimas menyumbang Rp150 juta untuk pengadaan 10 ribu kaos.

Sumbangan dari Nimas pun menjadi satu-satunya sumbangan kepada Tim Jokowi-Ma’ruf di Jatim. Sedangkan dari partai pengusung, belum satu pun yang memberikan sumbangan.

Kondisi ini berbeda dengan partai pengusung kedua paslon. Partai pengusung paslon Jokowi-Ma'ruf di Jatim justru mendapat lebih banyak sumbangan. Misalnya Golkar dan PDI Perjuangan yang menjadi partai mendapat sumbangan tertinggi di Jatim.

Partai Golkar menjadi partai dengan sumbangan partai tertinggi dengan Rp2,1 miliar dan PDI Perjuangan dengan Rp1,09 miliar (hasil lengkap dapat dilihat pada daftar peserta penerimaan sumbangan).

Menariknya, dari laporan yang disampaikan tersebut, lima partai dinyatakan nihil atau tidak tidak menerima sumbangan sama sekali (nol rupiah). Yakni, Partai Gerindra, Garuda, PPP, PAN, dan Hanura.

Halaman
1234
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved